8 Makanan Sehat untuk Jantung

0
14 views
Alpukat dipercaya baik untuk kesehatan jantung.

Kita tentunya berharap agar jantung tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Untuk itulah kita harus melindungi kesehatan jantung kita, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan sehat.

Ada beberapa makanan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat membersihkan pembuluh darah, salah satunya adalah asparagus.

Untuk menjaga jantung agar tetap sehat, berikut adalah beberapa makanan untuk kesehatan jantung yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Kita tentunya berharap agar jantung tetap sehat seiring bertambahnya usia.

Untuk itulah kita harus melindungi kesehatan jantung kita, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan sehat.

Ada beberapa makanan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat membersihkan pembuluh darah, salah satunya adalah asparagus.

Untuk menjaga jantung agar tetap sehat, berikut adalah beberapa makanan untuk kesehatan jantung yang direkomendasikan untuk dikonsumsi.

  1. Alpukat

Jika kamu terbiasa menggunakan mayonaise atau selai cokelat pada roti lapis untuk menu sarapan, cobalah untuk menggantinya dengan irisan tipis alpukat.

Sebuah studi tahun 1996 yang dilakukan oleh para peneliti di Meksiko menemukan bahwa orang-orang yang makan alpukat setiap hari selama satu minggu penuh akan mengalami penurunan 17 persen total kolesterol total darah.

Lebih jelasnya, tingkat kolesterol jahat LDL akan mengalami penurunan dan kolesterol baik HDL meningkat.

  1. Minyak zaitun

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 menemukan bahwa orang yang berusia 65 tahun ke atas yang secara teratur menggunakan minyak zaitun (baik untuk memasak maupun sebagai saus) memiliki kemungkinan 41% lebih kecil untuk mengalami stroke, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menggunakan minyak zaitun dalam makanannya.

Gunakanlah sedikit minyak zaitun sebagai pengganti mentega atau taburkan sedikit di atas pasta, salad, atau sayuran untuk mendapatkan manfaat dari lemak mono dan polyunsaturated yang tinggi.

  1. Kacang-kacangan

Kamu memiliki hobi ngemil? Cobalah untuk mengonsumsi setidaknya segenggam penuh kacang sebagai pilihan camilan sehat.

Kacang-kacangan merupakan salah satu asupan yang yang baik untuk tubuh khususnya bagi kesehatan jantung.

Salah satu jenis kacang yang direkomendasikan adalah almond. Almond memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sehingga sangat sehat untuk jantung, selain kandungan vitamin E dan serat di dalamnya.

Sementara itu, walnut merupakan sumber nabati asam lemak omega-3 yang disebut asam alfa-linolenat.

Kandungan ini berperan sebagai lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  1. Asparagus

Asparagus adalah salah satu makanan alami yang dapat memperlancar pembuluh darah dengan sangat baik.

Asparagus bekerja dalam 100.000 mil pembuluh darah dan arteri untuk melepaskan tekanan sehingga memungkinkan tubuh untuk mengakomodasi peradangan yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun.

Nutrisi dalam asparagus juga mampu membantu menangkal gumpalan pada pembuluh darah yang mematikan.

  1. Buah delima

Buah delima mengandung phytochemical yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi lapisan arteri dari kerusakan.

Sebuah studi di tahun 2005 yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences menemukan bahwa jus buah delima yang kaya antioksidan dapat merangsang produksi nitrit oksida tubuh, yang membantu menjaga aliran darah dan arteri terbuka.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan vitamin K. Vitamin inilah yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan tulang dan membantu menjaga kalsium yang berperan dalam mengatasi kerusakan arteri.

Selain itu, brokoli yang penuh serat dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

  1. Keju

Percaya atau tidak, keju ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian terbaru dari Brigham and Women’s Hospital dan Harvard Medical School menemukan bahwa orang yang makan tiga porsi produk olahan susu rendah lemak dalam satu hari, memiliki tekanan darah sistolik yang lebih rendah (tiga poin lebih rendah) daripada mereka yang mengonsumsi lebih sedikit.

  1. Semangka

Jika kamu merupakan seorang penggemar buah, semangka seharusnya dapat menjadi pilihan yang sempurna untuk camilan menyegarkan dan menyehatkan.

Sebuah penelitian di Florida State University menemukan bahwa orang yang diberi suplemen L-citrulline (asam amino yang ditemukan dalam semangka) sebanyak 4.000 mg akan mengalami penurunan tekanan darah hanya dalam enam minggu.

Para peneliti mengatakan asam amino ini membantu tubuh menghasilkan nitrit oksida, yang berperan dalam memperlebar pembuluh darah.

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat kita konsumsi untuk membersihkan pembuluh darah.

Tidak ada salahnya untuk mulai menjaga asupan makanan sehat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung di masa tua.

(Sumber: Intisari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here