Ahok Marah Gaji Petinggi Pertamina Bisa Semaunya

0
821
Ahok

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kembali bikin berita. Kali ini, Ahok, yang menjadi Komisaris Pertamina, marah besar dengan tingkah laku sebagian besar pejabat di perusahaan plat merah tersebut.

Pada unggahan videonya yang berdurasi 6 menit 39 detik itu, Ahok menyinggung soal permainan gaji pejabat Pertamina yang disebutnya tak sesuai dengan jabatan. Belum lagi soal bisnis kilang Pertamina hingga rencana perseroan untuk kembali berutang untuk berekspansi.

Bukan hanya membeberkan kebobrokan Pertamina, Ahok juga mengungkapkan kekesalannya terhadap BUMN lain yang bermitra dengan Pertamina, yakni Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau Perum Peruri.

Ahok juga berpendapat sudah saatnya Kementerian BUMN dibubarkan dan diganti dengan superholding yang menaungi holding-holding perusahaan pelat merah yang ada, seperti sistem Temasek Singapura. “Kementerian BUMN harus dibubarkan sebelum pak Jokowi turun,” ucapnya.

Ahok menyebut sikap Perum Peruri yang meminta uang sebesar Rp 500 miliar untuk proses pengurangan dokumen kertas (paperless) di Pertamina. Permintaan Peruri dinilai sebagai hal yang tak masuk akal dan hanya ingin mencari uang.

“Itu sama aja udah dapat Pertamina, gak mau kerja lagi. Mau tidur sepuluh tahun jadi ular sanca, jadi ular piton,” kata Ahok.

Dalam video itu, Ahok juga menyebut banyak hal di Pertamina yang memancing emosinya. Salah satunya adalah soal jajaran direksi perseroan bisa diganti tanpa sepengetahuan dirinya sebagai komisaris utama dan tak sedikit direksi yang langsung melobi ke Kementerian BUMN. Selain itu, birokrasi pengangkatan pejabat Pertamina yang masih menggunakan sistem pangkat sehingga proses pemilihannya tidak proporsional.

(Tmp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here