Aktivis HAM: Kasus Novel Libatkan Orang Besar, Jokowi Tak Berani

0
952
Haris Azhar

Pegiat Hak Asasi Manusia Haris Azhar menilai Presiden Joko Widodo tidak berani mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan. Sebab, kata dia, menurut temuan masyarakat sipil, otak dari pelaku penyiraman adalah orang dengan jabatan yang tinggi.

“Memang temuannya orang yang sangat tinggi terlibat, jadi Jokowi saya pikir tidak berani,” kata dia di Gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta, 9 November 2019.

Menurut mantan Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan ini, Jokowi tidak akan pernah mengungkap kasus Novel. Sebaliknya, Jokowi akan terus memperpanjang masa kerja tim kepolisian dalam kasus Novel.

Tujuannya, kata dia, hanya untuk mengulur waktu sampai masa pemerintahannya selesai. Ia mengatakan Jokowi hanya tak berani mengakui bahwa dia tidak berani. “Kalau juru bicaranya tidak bisa ngomong, biar saya yang ngomong,” kata Haris.

Sebelumnya, Jokowi kembali memberikan waktu hingga Desember 2019 kepada kepolisian untuk mengungkap kasus Novel Baswedan. Padahal, Jokowi telah memberikan tenggat waktu selama 3 bulan kepada tim ini untuk menangkap pelaku penyerangan saat pertama kali dibentuk.

Masa kerja tim itu berakhir pada 31 Oktober 2019. Kepolisian mengklaim mendapatkan temuan yang signifikan. Namun, tidak ada tersangka pelaku penyiraman yang diungkap ke publik.

(Tmp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here