Bio Farma: Vaksin Covid-19 Siap November

0
101 views
Preiden Jokowi mengunjungi Bio Farma
Induk usaha BUMN farmasi yaitu PT Bio Farma (Persero) tengah berdiskusi mendapatkan vaksin Covid-19 khusus untuk tenaga kesehatan dalam waktu dekat.
Targetnya, Bio Farma bisa mendatangkan 3 juta vaksin pada November 2020. Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menjelaskan ada beberapa negara pengembang vaksin Covid-19 yang bisa menyelesaikan uji klinis pada Oktober 2020. Negara-negara yang bersangkutan tersebut pun segera mengeluarkan otoritas penggunaan darurat (emergency use authorization).
Rencana memasukkan 3 juta vaksin tersebut bisa dilakukan dengan syarat BPOM sudah memastikan uji mutu dan uji klinisnya sudah dilakukan di negara asal. Selain itu, untuk bisa mendatangkan vaksin tersebut, otoritas di negara tersebut sudah mengeluarkan emergency used authorization.

Bio Farma dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dibantu juga oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Kesehatan, tengah berdiskusi dengan otoritas negara setempat. “Kami sedang diskusi, seandainya Indonesia bisa mendapatkan akses duluan terhadap vaksin itu,” kata Honesti, Senin (5/10), seperti dilansir Katadata.

(BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here