Bupati Bogor Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

0
59 views
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Bogor.

Bogor, Barisanberita.com,- Pemerintah Kabupaten Bogor melaksanakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan tegar Beriman, Cibinong, Selasa (1/10/2019).

Bupati Bogor, Ade Yasin yang menjadi Inspektur Upacara membacakan ikrar, “Dengan Rahmat Tuhan yang Maha Esa,  Kami melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa, sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Bupati mengatakan, rongrongan tersebut, dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangawaspadaan Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara, bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, bangsa dapat memperkokoh Indonesia tetap tegak dalam bingkai NKRI.

Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membuat tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan, kebenaran untuk memperjuangkan, keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. demikian Iklar yang ditulis oleh Ketua DPR RI, H. Bambang Soesatyo.

Dalam kesempatan tersebut, Ade Yasin juga mengatakan Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara. sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera.

“Indonesia mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara secara utuh, Pancasila memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masyarakat kita,” katanya.

Ia mengingatkan kepada pelajar baik SMP, SMA/SMK untuk tetap menjaga persatuan, memperkokoh persahabatan dengan nilai-nilai pancasila.

“Dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai salah satu media mempererat persatuan dan kesatuan bangsa”, ujar Bupati.

(Ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here