Cina Akan Gunakan Kekuatan Militer ke Taiwan Jika Cara Diplomasi Gagal

0
939
Pasukan Cina latiah militer dekat Taiwan

Seorang Jenderal Cina di Beijing mengatakan negaranya akan menggunakan kekuatan militer dalam menghadapi Taiwan. Hal itu disampaikan saat penutupan kongres tahunan partai berkuasa komunis Cina.

Jendral Li Zuocheng, Kepala staf dan anggota komisi  militer Cina, mengatakan ketika cara diplomasi gagal, Cina akan mempertimbangkan penggunaan kekuatan militer untuk menegakan kontrol atas Taipei sebagai kebijakan  “Satu Cina”.

“Jika cara damai dalam upaya mempersatukan ternyata gagal, kekuatan pasukan bersenjata Cina, dengan seluruh rakyat, termasuk rakyat Taiwan, mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memukul upaya memisahkan diri dari Cina,” kata Li, seperti dilansir Reuters.

Taiwan yang secara resmi menyebut sebagai Republik Cina, berdiri 80 mil dari Cina daratan. Negara ini sudah 70 tahun merdeka, dan memisahkan diri dari Cina dalam perang sipil.

Sementara Cina sendiri menolak Taiwan sebagai negara merdeka, dan bersikeras untuk membawa negara pulau tersebut di bawah kotrolnya.

Li Zhanshu, Ketua parlemen Cina dan sosok senior ketiga di barisan Partai Komunis Cina, mengingatkan Beijing untuk tidak mengesampingkan kekuatan milter dalam mengambil alih Taiwan, meskipun cara damai tetap diperhitungkan.

Pemerintah Cina gusar paska pengesahan undang-undang keamanan di Hong Kong, yang mendapat protes dari banyak negara lain.

Pemerintah Taiwan termasuk negara yang mendukung para pengunjuk rasa di Hong  Kong, yang menolak undang-undang tersebut.

(Newsweek/wo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here