DKI Dapat Utang Rp 12,5 Triliun, DPRD Minta UMKM Jadi Prioritas

0
18 views
Penghitungan uang

DPRD DKI Jakarta menunggu penjelasan Pemprov DKI Jakarta atas dana pinjaman yang diberikan Kementerian Keuangan sebesar Rp12,5 triliun. Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus menjadi program yang diprioritaskan melalui dana pinjaman itu.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Suhaimi mengatakan, hingga saat ini belum mengetahui Pemprov DKI meminjam dana sebesar Rp12,5 triliun dari Kementerian Keuangan. Namun, meski sudah disetujui, pihaknya berharap Pemprov DKI Jakarta dapat mengoptimalkan dana pinjaman tersebut.

“Saya belum tahu detailnya. Saya berharap Pemprov mengoptimalkan dana tersebut untuk pemulihan sektor ekonomi khususnya UMKM,” kata Suhaimi saat dihuhungi, Senin (27/7/2020).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta resmi mendapatkan pinjaman uang sebesar Rp12,5 triliun dari Kementerian Keuangan. Uang tersebut akan digunakan untuk berbagai macam kegiatan pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19 ini.

Sebelumnya, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Sri Haryati, mengatakan, usulan pinjaman sebesar Rp12,5 triliun yang ditujukan kepada Kementerian Keuangan itu akan ditindaklanjuti oleh PT SMI (Persero) sebelum diterima Pemprov DKI Jakarta.

Artinya, kata Sri, detail kegiatan anggaran itu akan dibahas kembali bersama Pemprov dan DPRD DKI Jakarta. Sri akan segera mengirimkan surat pemberitahuan kepada DPRD DKI Jakarta untuk melakukan pembahasan.

“Kami usulkan untuk air minum, sampah, transportasi, pariwisata, olahraga, dan sebagainya. Akan dibahas kembali rinciannya nanti,” kata Sri Haryati saat dihubungi, Senin (27/7/2020).

(SD)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here