Ini Makanan untuk Nutrisi Otak Anak agar Makin Pintar dan Cerdas

0
68 views
Anak sehat

Memiliki anak yang cerdas tentu menjadi idaman para orangtua. Untuk mewujudkannya, sebaiknya selain belajar dengan rajin, nutrisi si kecil juga harus diperhatikan.Pilihlah makanan yang bisa mendukung tumbuh kembang dan memberi nutrisi agar anak cerdas. Beberapa jenis makanan diketahui memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan otak anak. Makanan apa saja itu? Ini dia 10 jenis makanan untuk nutrisi otak anak.

Makanan yang membantu otak anak menjadi makin pintar

Otak adalah organ pertama yang menyerap nutrisi makanan yang dikonsumsi anak setiap harinya. Jadi, agar otak anak semakin berkembang, daya ingatnya kuat, dan anak mudah berkonsentrasi, inilah jenis makanan yang bisa kamu berikan untuk anak setiap harinya.

1 Ikan laut seperti salmon, tuna, dan ikan kembung mengandung asam lemak esensial yang diperlukan otak.

Ikan laut dikenal sebagai makanan sehat yang baik dikonsumsi anak-anak. Ikan mengandung asam lemak esensial yang diperlukan otak. Namun, asam lemak esensial ini tidak diproduksi oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan laut, tubuh akan mendapatkan lemak esensial ini. Jenis asam lemak yang sangat dibutuhkan sebagai nutrisi otak anak adalah asam lemak omega-3 dan omega-6.

Ada beberapa jenis ikan laut yang menonjol dan memiliki nutrisi yang diperlukan otak. Para ahli menyarankan untuk memilih ikan yang mengandung asam lemak seperti salmon dan ikan kembung. Ikan ini merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak.

Faktanya anak yang gemar menyantap ikan mengandung omega 3 akan memiliki pikiran yang lebih tajam dan memiliki hasil yang baik dalam tes kemampuan mental.

2. Telur mengandung kolin yang baik untuk daya ingat anak

Telur adalah sumber protein yang membuat anak berenergi serta tidak mudah lelah. Selain itu telur juga sebagai nutrisi otak anak karena mengandung kolin yang baik untuk perkembangan otak dan daya ingat anak. Kandungan proteinnya yang tinggi, serta nutrisi yang dapat membantu anak untuk lebih dapat berkonsentrasi.

Namun konsumsi telur juga tidak boleh terlalu berlebihan, usahakan cukup berikan satu butir telur kepada si kecil setiap harinya. Karena kuning telur juga mengandung kolesterol yang tidak baik bagi kesehatan si kecil jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Kacang merah dan kacang hijau yang kaya akan vitamin E

Banyak pilihan kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi anak dan diolah dengan lezat. Mulai dari kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang almond, dan masih banyak lagi. Kacang adalah makanan yang kaya akan vitamin E dan juga antioksidan yang dapat melindungi membran sel-sel otak anak terhadap radikal bebas.

Itulah alasan mengapa kacang sangat baik dikonsumsi karena memiliki nutrisi otak anak jadi semakin cerdas. Selain baik untuk otak anak, kacang juga merupakan sumber energi yang baik karena kandungan vitamin E dan thiamin di dalamnya. Kandungan inilah yang dapat mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bahkan dari salah satu penelitian, diketahui bahwa kacang merah mengandung banyak asam lemak omega 3, yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

  1. Sayuran hijau, merah, kuning, dan oranye merupakan sumber vitamin K

Sayuran yang memiliki warna adalah makanan yang kaya akan antioksidan. Seperti wortel, sayur-sayuran hijau, labu dan tomat. Sayuran hijau seperti brokoli juga merupakan sumber vitamin K yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otak anak dan memberikan nutrisi agar anak menjadi lebih erdas.

Seperti sayuran brokoli, penelitian menunjukkan brokoli mengandung glukosinolat, yang dapat memperlambat pemecahan neurotransmitter dan asetilkolin. Neurotransmiter dan asetilkolin diperlukan oleh sistem saraf pusat untuk berfungsi dengan baik dan untuk menjaga otak dan ingatan tetap tajam.

Jika ingin memberikan sayur-sayuran kepada si kecil, sebaiknya pilih sayuran yang segar dan memiliki warna cerah. Dan olah sayur menjadi makanan yang menarik dan juga lezat agar anak tidak anti makan sayur. Membiasakan si kecil mengkonsumsi sayur sejak kecil sudah tentu baik untuk kesehatan.

5. Susu dan olahannya yang kaya akan vitamin dan kalsium

Kaya akan vitamin dan kalsium, susu diperlukan untuk perkembangan otak anak. Susu dan olahannya kaya akan protein, vitamin B dan D yang berperan dalam pembentukan jaringan sel otak anak. Selain susu, ibu bisa juga berikan si kecil keju atau pun yoghurt.Berikan susu setiap hari sesuai kebutuhan si kecil. Untuk anak di bawah dua tahun yang terbaik adalah ASI.

Pilih susu yang cocok untuk anak dengan kadar pemanis yang rendah. Selain bikin batuk, pemanis juga berpotensi memicu masalah di perut seperti diare lho, Bu.

Nah, untuk mengetahui apakah susu tersebut cocok, coba diminum secara rutin selama beberapa hari. Lihat reaksi anak. Apakah ada keluhan pada perut, buang air tidak teratur, atau timbul gejala batuk. Jika si kecil baik–baik saja, berarti ia cocok dengan produk susu tersebut.

6. Daging mengandung zat besi yang meningkatkan tingkat konsentrasi anak

Daging merupakan sumber zat besi yang baik dan dibutuhkan anak-anak. dengan mencukupi zat besi, anak akan tetap berenergi dan memiliki tingkat konsentrasi yang baik. Daging merupakan protein bergizi yang mengandung zinc. Tapi ingat, sebaiknya jangan memilih daging olahan, seperti smoked beef karena tentu nutrisinya sangat berbeda. Pilih daging segar tanpa lemak dan olah sendiri sesuai selera keluargamu.

(DM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here