Progress Program PTSL, Pokmas Kel. Gandaria Selatan Imbau Warga Segera Lengkapi Dokumen

0
1050
Ketua LMK dan Pokmas PTSL Kelurahan Gandaria Selatan, Ruslan Abdulgani (kiri).

Jakarta, Barisanberita.com,- Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), di Kelurahan Gandaria Selatan, Jakarta Selatan, disambut antusias warga.

 

Ilustrasi sertifikat tanah.

Hingga Oktober 2019, tercatat sebanyak 382 berkas yang telah diserahkan warga ke Pokmas.

Demikian Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) PTSL Kelurahan Gandaria Selatan, Ruslan Abdulgani, Rabu, (30/10/2019) didampingi pengurus Pokmas, Barkah.

Namun, Ruslan mengakui dari 382 berkas yang diterima, baru satu yang sudah menjadi sertifikat. “Kami terkendala oleh keterlambatan warga dalam melengkapi berkas, terutama surat asli kepemilikan tanah,” katanya.

“Mereka (warga-red) masih khawatir jika surat aslinya diserahkan ke kami akan hilang. Untuk mengatasi hal tersebut Pokmas memberikan surat tanda terima, sehingga warga tak perlu cemas,” kata Ruslan, yang juga Ketua LMK.

Ruslan menambahkan, pihaknya terus menerus memberitahu warga untuk segera melengkapi berkas, apalagi per Oktober ini PTSL sudah ditutup. “Hampir tiap hari kami menghubungi warga lewat surat dan Medsos terkait kelengkapan dokumen,” ungkapnya.

“Akibat banyak warga yang menunda menyerahkan berkas, sampai saat ini proses dokumen di BPN masih belum bisa diproses lebih lanjut,” ujar Ruslan.

Di sisi lain, Ruslan mengapresiasi kerjasama pihak BPN Jakarta Selatan, yang sabar dan koperatif dengan Pokmas Gandaria Selatan. “Pihak BPN Jakarta Selatan terus memonitor kelengkapan berkas PTSL di Gandaria Selatan, dan dengan sabar juga memotivasi kami untuk mengedukasi warga tentang program PTSL ini,” pungkasnya.

(wo/AP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here