Rapi-Rapi Gegara Risma

0
734
Risma saat blusukan di pelosok Jakarta

BarisanBerita.com,- Kunjungan Mensos Risma ke kolong jembatan di belakang kantornya, membuat mata warga Jakarta terperangah. Usai blusukan sang menteri, pejabat DKI pun mulai membenahi lokasi tersebut.

Pelaksana harian Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, seperti dilansir Tempo.co, mengatakan kolong jembatan di wilayah Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, yang sempat dikunjungi Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma, akan diubah menjadi taman dan ruang interaksi.

Lokasi tersebut semulanya merupakan tempat bermukimnya para tunawisma.

Menurut Irwandi, upaya tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan Mensos Risma yang mengunjungi lokasi tersebut awal pekan kemarin.

“Bukan kami tidak pernah kerjakan. Sudah pernah kami kosongkan, tapi, kembali lagi,” tutur dia dalam keterangan tertulisnya, Ahad, 3 Januari 2021.

Ia menjelaskan, pembuatan taman sebagai upaya untuk mencegah para tunawisma kembali lagi ke kolong jembatan tersebut. Nantinya, kolong jembatan itu akan menjadi akses warga untuk menyebrang. Irwandi terinspirasi dengan Terowongan Kendal, Sudirman, Jakarta Pusat, dalam menata kolong jembatan tersebut.

Nantinya area itu akan dihias dengan lukisan mural. “Bisa buat anak-anak bermain juga. Menjadi tempat rekreasi dan interaksi. Kita tak mau kolong jembatan ini jadi kumuh, nanti ditempati tunawisma lagi,” ucap Irwandi.

Irwandi meminta jajarannya untuk menuntaskan penataan kolong jembatan itu dalam waktu yang tidak lama.

Saat ini, kata dia, petugas dari Suku Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Pertamanan yang berkoordinasi dengan Sekretaris Kota dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan tengah mengosongkan dan membersihkan lokasi tersebut

Menurut Irwandi, puluhan petugas dari berbagai unit kerja perangkat daerah telah melakukan kerja bakti di aliran kali tersebut. Irwandi mengatakan langkah itu sebagai bagian dari Operasi Gerebek Lumpur yang tengah berjalan setiap pekannya. “Artinya tidak cuma pengerukan lumpur saja tetapi juga sejumlah kolong jembatan, akses ke kali kita bersihkan. Termasuk di pinggir Kali Ciliwung ini,” kata dia.

(BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here