Soal Reshuffle, PKS Sebut Jokowi Jangan Hanya Ngomong

0
25 views
Presiden Joko Widodo

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menantang Presiden Joko Widodo untuk melakukan kocok ulang kabinet atau reshuffle paling lambat satu minggu ke depan.

Mardani mendukung gagasan Jokowi untuk melakukan reshuffle menteri-menteri yang tak menunjukkan kinerja baik. Namun ia berharap wacana reshuffle tak hanya sekadar ucapan atau ngomong.

“Jangan berhenti dalam pernyataan. Sepekan paling lambat mesti ada tindak lanjut aksi dan keputusan tegas dan jelas dari pernyataan itu. Jika tidak ada aksi, maka Pak Jokowi justru yang disebut tidak punya sense of crisis,” kata Mardan, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (29/6/2020).

Mardani menilai waktu sepekan sudah cukup untuk beberapa pejabat menteri yang disentil Jokowi untuk berbenah diri. Jika tak ada perbaikan dalam sepekan, maka Jokowi harus segera mengambil langkah lanjutan.

Inisiator gerakan #2019GantiPresiden itu mengapresiasi niat Jokowi melakukan reshuffle. Dia mengatakan bahwa krisis membuat kondisi rakyat semakin sulit, sehingga pemerintah butuh langkah cepat berbenah diri.

“Pemimpin justru jelas dan tegas di masa krisis. Kesalahan kecil bisa fatal saat kondisi genting. Langkah yang baik untuk Pak Jokowi tegas dan jelas pernyataannya,” ucap dia.

Sebelumnya, akun Youtube Sekretariat Presiden mengunggah video pidato Presiden Joko Widodo dalam rapat kabinet, Kamis (18/6). Video itu baru diunggah semalam, Minggu (28/6).

Dalam video, Jokowi menyatakan kekecewaannya terhadap kinerja menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju yang biasa-biasa saja. Padahal Indonesia sedang menghadapi ancaman serius dari krisis akibat pandemi virus corona.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak segan melakukan apapun untuk kepentingan rakyat. Tidak terkecuali melakukan perombakan kabinet yang ada.

“Bisa saja membubarkan lembaga, bisa saja reshuffle, sudah kepikiran ke mana-mana saya. Entah buat Perppu yang lebih penting lagi, kalau memang diperlukan,” kata Jokowi.

(BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here