China Kembali Disalahkan Soal Covid-19

0
762
Warga China

China kembali disalahkan soal pandemi yang terus melanda dunia. Hal itu terjadi pada debat Wakil Presiden Amerika. Dan untuk mengurangi tayangan yang sensitif itu, negara Tiongkok melakukan penyensoran.

China menyensor debat calon wakil presiden (Cawapres) Amerika Serikat (AS) saat calon incumbent Mike Pence mulai menyalahkan Beijing atas pandemi virus Corona. Sinyal CNN di China diketahui drop saat Pence mulai berbicara tentang topik tersebut.

Perdebatan tersebut disiarkan CNN di China, saluran yang secara teratur disela oleh sensor. Secara umum, saluran tersebut tidak tersedia secara luas di China, sebagian besar hanya dapat diakses di hotel, kompleks diplomatik dan blok apartemen yang sering dikunjungi oleh orang asing.

Sinyal CNN diketahui drop selama sekitar 30 detik selama debat pada hari Rabu lalu. Gangguan itu terjadi tepat ketika Pence mengatakan “China yang harus disalahkan” ketika membahas pandemi Covid-19 yang hingga saat ini telah menewaskan lebih dari 211.000 warga Amerika dan menginfeksi lebih dari 7,5 juta — termasuk Presiden Donald Trump dan sejumlah staf Gedung Putih.

Nathan VanderKlippe, koresponden Beijing untuk surat kabar Globe and Mail Kanada, berkicau di Twitter bahwa sinyal CNN terputus selama debat. Dia memposting gambar interupsi, menunjukkan layar bertuliskan: “Tidak ada sinyal, harap bersiap.”

“China menyensor komentar Pence tentang China. Sinyal kembali ketika Harris mulai berbicara,” tulis VanderKlippe seperti disitir dari Newsweek, Jumat (9/10/2020).

The Australian Associated Press juga melaporkan bahwa sensor China telah turun tangan untuk memblokir komentar Pence.

Dalam bagian debat yang disensor, Pence mengulangi baris serangan utama pemerintahan Trump terhadap Beijing terkait pandemi. Gedung Putih telah mencoba menghindari kesalahan atas penanganan krisisnya dengan menuduh China menutupi tingkat dan tingkat keparahan wabah Covid-19, dan menyalahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena memfasilitasi penipuan yang dilakukan China.

“China yang harus disalahkan atas virus Corona dan Presiden Trump tidak senang tentang itu,” kata Pence.

“China dan Organisasi Kesehatan Dunia tidak bermain langsung dengan rakyat Amerika, mereka tidak mengizinkan personel kami ke China untuk mendapatkan informasi tentang virus Corona hingga pertengahan Februari,” imbuhnya.

Pence juga mengulangi klaim yang menyesatkan — yang berulang kali didengungkan oleh Trump dan sekutunya — bahwa presiden menangguhkan semua perjalanan dari China pada Januari. Trump telah mengklaim langkah ini menyelamatkan ratusan ribu nyawa, meskipun tidak menawarkan bukti apa pun untuk mendukung klaim tersebut.

Pembatasan Trump atas China tidak melarang semua perjalanan dari negara itu ke AS, larangan itu hanya menghentikan masuknya warga negara asing yang telah berada di China dalam 14 hari terakhir. Warga Amerika dan penduduk tetap AS masih diizinkan masuk, bahkan jika kembali dari provinsi Hubei tempat wabah pertama kali terjadi, tunduk pada karantina 14 hari.

Ratusan ribu pelancong masih memasuki AS dengan penerbangan dari China setelah larangan tersebut, dan hingga 27 Februari pelancong ke AS tidak menghadapi pembatasan atau tindakan karantina lain.

Terlepas dari itu, virus Corona sudah ada di AS ketika pembatasan diberlakukan. Dan analisis genetik menunjukkan bahwa wabah di AS tidak disebabkan oleh pelancong yang datang dari China. Wabah di New York, misalnya, tampaknya disebabkan oleh orang yang datang dari Eropa.

Harris menanggapi pernyataan Pence dengan menyerang catatan virus Corona pemerintah.

“Perspektif dan pendekatan pemerintahan Trump ke China telah mengakibatkan hilangnya nyawa orang Amerika, pekerjaan Amerika, dan posisi Amerika,” ujarnya.

(BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here