Di Atas Kuda, Junior Ikuti Lomba Memanah

0
1583
Peserta lomba panah.

Jakarta, Barisanberita.com,- Persatuan Pemanah Berkuda Indonesia (PERDANA) yang menjadi wadah para pemanah berkuda rutin menggelar berbagai kejuaraan, baik untuk ground archery maupun horseback archery. Olahraga panahan berkuda semakin berkembang di tanah air. Berbagai usia menggeluti olahraga ini.

Ratusan peserta pun hadir di Padepokan Pamanahan Bintang Metropole, Bekasi Utara mengikuti Lomba Horsebow Junior Piala Ketua Umum Persatuan Pemanah Berkuda Indonesia. Yang hadir dalam kegiatan ini tercatat 143 orang total peserta, 25 orang mengikuti kategori 15 meter Putri U-16, 20 orang mengikuti 15 meter putra U-16, 33 orang mengikuti kategori 10 meter Putri U-12, 65 orang mengikuti kategori 10 meter Putra U-12. Seluruh peserta juga mengikuti babak challenge memanah di atas kuda.

 

Dalam sambutan pembukaan, Sekretaris PERDANA DPD DKI Jakarta Raya (PERDANA JAYA), Syaiful Fallah menyampaikan, Lomba ini akan diselenggarakan setiap 3 bulan sekali. Untuk meningkatkan prestasi junior. Juga akan diselenggarakan liga yang akan diikuti seluruh klub yang tergabung dalam PERDANA JAYA, kata pria yang akrab disapa Mang Ipul ini.

Lomba berlangsung pada beberapa babak. Babak penyisihan, babak 16 besar, babak 8 besar dan final yang terdiri dari 4 peserta. Persaingan paling ketat terjadi di kategori 10 meter putra karena jumlah peserta yang paling banyak.

Pada kategori 15 meter putra Fauzan Raka Hanif dari Jakarta Islamic Boys Boarding School (JIBBS), Bogor meraih juara pertama, M. Jibran dari Klub TIRAMICHU meraih juara kedua, dan Fadhlan Syafiq Aidan dari Brotherhood meraih juara ketiga.

Pada kategori 15 meter Putri, Davina Putri Wardani dari SMP Al Hilal, Bekasi meraih juara pertama, Marchellya C. N. A. P dari SMP Al Hilal meraih juara kedua dan Nayla Najwa dari JIBBS meraih juara ketiga.

Pada kategori 10 meter putra, M. Jibran dari klub TIRAMICHU meraih juara pertama, M. Khairul Imam dari SD ‘Ainul Hayat, Sukabumi meraih juara kedua, Faris Muhammad dari klub SEMBODJA PERDANA Jawa Tengah meraih juara ketiga.

Pada kategori 10 meter putri, Annisa Fitri Apriliyadi dari Sahid Archery, Bogor meraih juara pertama, Feby Maulida Sabrina Puti dari Toedjoeh Archery Club (7AC), Jakarta Pusat meraih juara kedua dan Aliyah Syifa Mujahidah dari 7AC meraih juara ketiga.

Pada kategori challenge memanah di atas kuda M. Kenzie Felino dari Brotherhood menduduki peringkat pertama dengan poin tertinggi, Irfan Saputra dari SEMBODJA PERDANA JATENG menduduki peringkat kedua, M. Arjuna dari TIRAMICHU meraih peringkat ketiga dan Aditya Yusuf dari PAGAR, Jakarta Selatan di peringkat keempat.

Tampak hadir di lokasi lomba Ketua Umum PERDANA Harsum H.D. Putra, Ketua PERDANA Jaya Agus Setyawan, Sekretaris PERDANA Jaya Syaiful Fallah, Ketua Panitia Lomba Horsebow Junior Kang Ucu.

“Mudah-mudahan ini semakin menggelorakan semangat berolah raga panahan berkuda. Apalagi memanah adalah salah satu jenis olah raga sunah karena dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti Hadis Riwayat (HR) Imam Muslim yang berbunyi, ‘sesungguhnya kekuatan itu adalah memanah.” kata Kang Ucu.

(Ag/wo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here