MAKI Sebut Ketua KPK Firli Bahuri Pakai Helikopter untuk Pribadi Bukan Tugas

0
727
Ketua KPK, Firli Bahuri

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (Maki) Boyamin Saiman mengatakan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menggunakan helikopter untuk perjalanan pribadi.

Saat Firli menumpang helikopter tersebut, kata dia, tidak ada operasi apapun yang dilakukan KPK. “Iya itu pribadi. Jadi tidak ada yang dikejar,” ujarnya di gedung KPK lama, Selasa 25 Agustus 2020. Boyamin juga meragukan keputusan Firli menggunakan helikopter untuk efisiensi waktu.

Boyamin datang ke KPK untuk melengkapi data ke Dewan Pengawas KPK berupa rekonstruksi perjalanannya dari Kota Palembang ke Baturaja, Sumatera Selatan, melalui jalur darat dengan menumpangi mobil.

“Itu hanya membutuhkan waktu 4,5 jam dan waktu itu sempat sarapan. Jadi, sebenarnya kalau pakai kendaraan apalagi Pak Firli pakai ‘voorijder’, saya yakin 3 jam sampai karena jalannya bagus. Dulu memang 5 tahun lalu rusak dan macet karena banyak truk batubara tetapi sekarang ada jalan pintas dan Kepolisian itu tahu,” kata dia.

Pada Sabtu 20 Februari 2020, Firli melakukan perjalanan dari Palembang ke Baturaja, Sumatera Selatan, untuk kepentingan pribadi keluarga, yakni ziarah ke makam orang tuanya.

Perjalanan tersebut menggunakan helikopter milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO berkategori mewah (helimousine) karena pernah digunakan motivator dan pakar pemasaran Tung Desem Waringin yang disebut sebagai Helimousine President Air. Kasus ini kemudian dibawa ke sidang etik.

Sementara itu, Firli mengatakan menggunakan helikopter untuk menghemat waktu. Ia pun mengatakan menyewa heli tersebut menggunakan duit pribadi.

(Tmp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here