Ssst, KPK Incar Kasus Besar di Ditjen Pajak

0
666
Ilustrasi

Lembaga antirasuah KPK rupanya saat ini tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Hal itu setidaknya dipastikan oleh Wakil Ketua KPK Alexander Marwata.

Tak main-main, dugaan korupsi di tubuh Kemenkeu ini memiliki nilai mencapai puluhan miliar. Alhasil, KPK pun menerjunkan tim untuk melakukan penyelidikan.

“Nilai suapnya besar juga, puluhan miliar juga. Tidak salah itu juga melibatkan tim pemeriksa,” kata Alexander disitat Suara, di Gedung KPK Jakarta, Selasa. (2/3/2021).

Sejauh ini Alexander belum mau mengungkap lebih jauh detail perkara, termasuk pihak-pihak mana saja yang terlibat di kasus korupsi ini. Sebab, kata dia, masih dalam proses penyidikan.

“Itu semua sedang didalami. Saya tidak bisa menyampaikan sekarang, supaya teman-teman penyidik dalam bekerja tidak merasa terhalangi dengan info tersebut,” ujarnya.

Namun Alexander mengatakan, dugaan perkara ini terkait pemeriksaan pajak sejumlah perusahaan.

“Pemeriksaan pajak, bagaimana caranya supaya itu rendah, prinsipnya begitu. Selalu ada imbal balik, ketika itu menyangkut perpajakan, itu ada kepentingan PT dengan pejabat pajak. Kalau mau pajaknya rendah, ada upahnya kan gitu, tentu semuanya itu melanggar ketentuan peraturan di bidang perpajakan,” jelasnya.

Selain itu, guna mendalami dugaan perkara ini penyidik KPK telah melakukan penggeledahan di lingkungan Ditjen Kemenkeu.

Sudah (menggeledah) dan kami juga sudah koordinasi dengan Dirjen Inspektorat Jenderal Kemenkeu, agar apa? Ini kami sinergi.”

“Jadi satu sisi kami tangani suapnya, nanti teman-teman Dirjen dan Dirjen Pajak itu akan melakukan pemeriksaan ulang terhadap wajib. Yang dalam pemeriksaan awal itu yang mengandung suap tadi pemeriksaannya tidak benar diperiksa ulang,” katanya.

(Hops)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here