“Testing The Water” Risma di Blusukan Jakarta

0
911
Risma blusukan di Jakarta

Jakarta, BarisanBerita.com,- Sejumlah pejabat di Jakarta nampaknya harus susah payah menjelaskan apa yang sebenranya terjadi, paska blusukan Mensos Risma.

Ambil contoh, PLT Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, yang mengaku akan membuat lahan di bawah jembatan menjadi taman dan ruang interaksi.

Dan yang paling banyak terkena “senggol” Risma adalah Dinas Sosial DKI Jakarta, yang beberapa kali harus menjelaskan kenapa mulai banyak PMKS di jalan-jalan di Jakarta.

Blusukan Risma, seperti disebut banyak pihak sebagai cara “Testing The Water”, untuk melihat reaksi publik. Dan pelan tapi pasti hal tersebut mulai terlihat dengan menuai pro-kontra seputar aksinya.

Permukiman padat Jakarta

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie menilai mantan Wali Kota Surabaya itu tak sekadar bekerja sebagai Mensos. Di balik itu semua, Jerry melihat ada manuver politik yang dilakukan Ketua DPP PDIP tersebut menuju ajang pemilu berikutnya.

“Saya lihat gaya ini [blusukan Risma] bagian manuver politik,” kata Jerry seperti dilansir CNNIndonesia.com, Selasa (5/1).

Gaya blusukan Jokowi saat menjadi Gubernur DKI

Menurut Jerry, gaya blusukan Risma meniru apa yang telah dilakukan Jokowi selama ini, dari saat mulai menjabat Gubernur DKI pada 2012 silam hingga kini yang memasuki masa kepresidenan periode keduanya.

Jerry menilai, Risma merupakan salah satu kader PDIP yang disiapkan untuk maju dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang bersama dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ketua DPR Puan Maharani.

Oleh karena itu, ia menilai Risma harus membuktikan dirinya terlebih dulu lewat sepak terjangnya di kancah nasional. Pasalnya, selama ini Risma hanya dikenal sebagai Wali Kota Surabaya dua periode sebelum didapuk menjabat posisi Mensos menggantikan Juliari Batubara yang tersandung masalah korupsi bantuan sosial Covid-19.

Mensos tempat yang strategis untuk melangkah lebih jauh. Tinggal racikan dan ramuan politiknya seperti apa,” ujar Jerry.

Di sisi lain, Jerry juga menilai aksi blusukan Risma ini juga sebagai upaya untuk menjegal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga santer diisukan bakal bertarung dalam Pilpres 2024.

“Barangkali blusukan ini juga salah satu strategi politik untuk menjegal Anies di DKI dan untuk running 2024 mendatang,” ujarnya.

(BBS/wo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here