Refleksi Tiga Tahun Pancakarsa, Bogor Tumbuh Indonesia Tumbuh

0
1012

Bogor. Barisan Berita.com,- Pemerintah Kabupaten Bogor gelar refleksi akhir tahun bertepatan dengan 3 tahun kepemimpinan Bupati Bogor Ade Yasin dan Wakilnya Iwan Setiawan, mengukir sejarah baru dengan program Pancakarsa.

Pancakarsa adalah lima cita-cita yakni mencerdaskan Bogor, mensehatkan Bogor, memajukan Bogor, membangun Bogor dan membuat Bogor lebih berkeadaban. Pancakarsa juga menjadi jawaban terhadap masalah yang menjadi isu strategis pembangunan Kabupaten Bogor.

Ade Yasin mengungkapkan, selama 3 tahun ini Pemkab Bogor tengah fokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan Sumber Daya Manusia, peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan ekonomi dan penguatan teknologi. Kemudian pembangunan infrastruktur desa dan penataan kota serta peningkatan kesalehan sosial.

Pandemi yang belum berhenti, menguji dan mengharuskan semua untuk bisa menghadapi dan hidup berdampingan dengan Covid-19. semua pilar kehidupan diuji, karena semua sektor ikut terdampak pandemi Covid-19.

“Inilah momentum bersejarah bagi kita semua, untuk bergerak bersama, maju dan bangkit, selama hampir dua tahun diterpa pandemi, telah terjadi penguatan yang signifikan dalam perilaku dan daya imunitas kita, kesadaran, partisipasi dan kegotong-royongan masyarakat di Kabupaten Bogor menguat sangat luar biasa, sampai ke tingkat desa – desa “, ujar Ade Yasin.

Ade Yasin juga mengatakan, seluruh Forkopimda bersama elemen masyarakat bergerak terpadu dalam mengatasi permasalahan kesehatan, sosial dan ekonomi di Kabupaten Bogor, antusias masyarakat untuk mendapatkan imunitas melalui vaksinasi, memperoleh layanan kesehatan, pengobatan, serta saling peduli juga semakin tinggi.

“Walaupun kita sangat berkonsentrasi dalam menangani permasalahan kesehatan, tetapi perhatian terhadap agenda-agenda besar menuju Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban sesuai dengan semangat Pancakarsa tidak berkurang sedikit pun”, ujar Ade.

Pembangunan City Beautification Projects Kabupaten Bogor, akan terus dilanjutkan ke tahun berikutnya, tidak hanya itu, melalui Program Satu Milyar Satu Desa (Samisade), jadi komitmen Pemkab Bogor untuk mewujudkan kemandirian desa melalui desa membangun.

“Kita ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kita ingin menyiapkan competitiveness, dan yang terpenting kita ingin membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luanyasnya, sebab pandemi memang telah banyak menghambat laju pertumbuhan ekonomi, tetapi pandemi tidak boleh menghambat proses reformasi struktural perekonomian kita”.

Patut disyukuri apa yang telah dikerjakan membuahkan hasil, kini perekonomian Kabupaten Bogor di tahun 2021 mulai menampakkan geliatnya, tahun 2021 nilai PDRB Kabupaten Bogor tercapai sebesar 245,22 trilyun rupiah, meningkat dari tahun 2020 yang tercapai 236,15 trilyun rupiah, juga berdampak pada daya beli masyarakat yang juga mengalami kenaikan, ujar Bupati

Bupati Bogor menjelaskan, IPM Kabupaten Bogor juga menunjukkan kenaikan di tengah pandemi, dari 45 desa tertinggal, kita telah berhasil menaikkan status menjadi berkembang pada tahun 2020, di Tahun 2021 ini sudah tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Bogor.

Pandemi telah memacu kita untuk berubah, tentu dengan usaha disertai doa, saling bergandeng tangan dan bergotong-royong dalam satu tujuan, dengan tantangan yang semakin meningkat, kata Ade.

“Kabupaten Bogor terus berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat yang berkualitas, infrastruktur yang memadai, kemajuan ekonomi dan kesalehan sosial, kami akan terus berinovasi untuk generasi yang akan datang”, ujar Bupati Bogor Ade Yasin.

(ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here