Demi Jaga Stabilitas Politik, Jokowi Gunakan Taktik “Zero Enemy”

0
723
Presiden Joko Widodo

Jakarta, BarisanBerita.com,- Memasuki periode kedua pemerintahannya, Presiden Jokowi mulai mengedepankan stabilitas, dengan mengurangi potensi permusuhan dengan rival-rivalnya. Strategi Zero Enemy pun dipakai untuk menerapkan hal tersebut.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai ada kecenderungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memakai jurus politik zero enemy di periode kedua ini. Kelompok-kelompok yang berseberangan, ujar Adi, didekati oleh Jokowi. Presiden bahkan tak segan memberikan tanda kehormatan bintang jasa kepada para pengkritiknya, mulai dari Fadli Zon, Fahri Hamzah, hingga Gatot Nurmantyo.

“Ada kecenderungan Jokowi memakai politik zero enemy di periode kedua ini. Terlihat mesra dengan kelompok yang selama ini bersebrangan,” ujar Adi saat dihubungi Tempo pada Rabu, 4 November 2020.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menganugerahkan Bintang Mahaputera kepada bekas Panglima TNI Gatot Nurmantyo saat peringatan Hari Pahlawan 10-11 November mendatang. Sebelumnya, presiden juga memberi tanda kehormatan Bintang Mahaputera Nararya kepada bekas pimpinan DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah saat peringatan HUT RI pada Agustus lalu.

Ketiganya dikenal sangat kencang mengkritik setiap kebijakan-kebijakan Jokowi. Gatot Nurmantyo bahkan ikut mendeklarasikan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), yang belakangan kerap mengkritik keras pemerintah.

“Sebagian publik mungkin kaget dengan penghargaan itu karena belakangan ini manuver Gatot kerap bersebrangan dengan pemerintah. Sebagian publik lain mungkin menilai penghargaan ini perkara biasa mengingat Gatot adalah mantan Panglima TNI,” ujar Adi.

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin berharap bintang jasa yang diberikan oleh Jokowi tidak mengendorkan kritik terhadap pemerintah. “Tanda jasa itu hak. Sedangkan mengkritik itu kewajiban karena pemerintah dianggap salah jalan,” ujar Ujang.

(Tmp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here