Good Bye Sri Mulyani

0
155

BarisanBerita.com,- Menteri Keuangan Sri Mulyani tak bakal lagi dipakai dalam kabinet selanjutnya. Capres Prabowo disebut akan mencari nama lain yang bisa mengikuti program besar miliknya.

Menurut sejumlah sumber Bloomberg, Prabowo sedang mempertimbangkan empat mantan bankir yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mahendra Siregar, dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Royke Tumilaar.

Para sumber menjelaskan nama-nama itu dianggap paling cocok untuk posisi menteri keuangan karena keahlian mereka di bidang keuangan dan juga kepemimpinan yang efektif.

“Prabowo tidak akan melibatkan posisi menteri keuangan dalam tawar-menawar politik, karena ia melihat posisi itu berada di atas politik dan membutuhkan ketajaman dalam mengelola anggaran,” kata sumber tersebut, dikutip Bloomberg, Kamis (29/2).

“(Prabowo) mencari teknokrat yang dapat mengamankan pendanaan untuk janji-janji kampanyenya sembaru menjunjung tinggi kehati-hatian fiskal,” tambah sumber tersebut.

Alasan kedua, tidak adanya kecocokan antara Sri Mulyani dan Prabowo Subianto. Hal tersebut diungkapkan Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Drajad Wibowo.

“Sebagai ekonom membaca dan melihat memang chemistry Pak Prabowo dengan Mba Ani (sapaan akrab Sri Mulyani) enggak jalan,” ujarnya saat berbincang dengan media, Senin (19/2).

Kendati demikian, nama-nama yang diisukan akan menjadi menteri Prabo disebut bisa saja berubah. Sebab, diskusi pembentukan kabinet masih berada dalam tahap awal.

(BBS/Bobby)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here