Erick Thohir Bakal ‘Cuci Gudang’ Pejabat di Kementerian BUMN

0
38 views
Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir bakal melakukan perubahan struktur di Kementerian BUMN. Dengan adanya dua wakil menteri, struktur BUMN saat ini dinilai terlalu besar sehingga nantinya akan ada perubahan struktur BUMN.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyampaikan akan menempatkan para deputi BUMN ke perusahaan-perusahaan BUMN. Arya menjelaskan para deputi ini bisa menempati direksi atau komisaris BUMN.

“Deputi-deputi kan sudah lama disini. Jadi mereka perlu juga refresh lagi ke perusahaan-perusahaan BUMN. Maka kami akan minta mereka mau untuk ke perusahaan megang bumn,” jelas Arya di Gedung Kementerian BUMN pada Senin (18/11).

Arya menegaskan bukan pengurangan, tetapi perubahan struktur di Kementerian BUMN. Saat ini Kementerian BUMN sedang mengajukan perubahan struktur ke Presiden untuk dibuat Peraturan Presiden.

“Struktur kementerian kan harus ke presiden,” jelas Arya.

Arya juga menyampaikan saat ini Kementerian BUMN sedang mengkaji para pengganti dari deputi tersebut. Dirinya juga menegaskan bahwa para calon pengganti bukan berasal dari partai politik dan akan dicari dari birokrasi.

“Kami cari dari birokrasi juga yang kuat betul di birokrasi nya kuat administrasinya itu yang akan kita masukan dalam,” ujar Arya.

Nantinya menurut Arya, kewenangan baik wakil menteri dan deputi akan diatur strukturnya.

“Selama ini mereka beliau-beliau itu kan sudah mengawasi sudah meng-guidance BUMN-BUMN ya. Kali ini, langsung in charge di BUMN,” ujar Arya.

Sebelumnya, dikutip dari Antara, Menteri BUMN Erick Thohir telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait pemberhentian eselon I Kementerian BUMN.

“Hari ini, SK (surat keputusan pemberhentian) sudah turun. Jadi, seluruh eselon I akan mendapatkan tempat baru,” ujar seorang sumber di Kementerian BUMN seperti yang dikutip dari Antara, Senin (18/11).

Sumber yang juga pegawai Kementerian BUMN menjelaskan tujuh orang yang menjabat eselon I di Kementerian BUMN sudah mendapatkan posisi baru sebagai dewan direksi di sejumlah perusahaan BUMN.

Saat ditanyai kekosongan jabatan eselon I yang akan diisi oleh pilihan Menteri Erick Thohir, ia enggan menjelaskan dengan detail.

“Saya belum tahu. Tetapi yang pasti ada Wakil Menteri BUMN akan handle semua tugas pada eselon I,” ungkap sumber Antara.

Saat ini Erick Thohir memiliki dua wakil menteri BUMN yaitu Budi Gunadi Sadikin yang sebelumnya adalah Direktur Utama Holding Inalum dan Kartika Wirjoatmodjo sebelumnya Dirut Bank Mandiri. Sebelumnya, pada Kamis (14/11) Erick sudah mengisyaratkan adanya perombakan kepemimpinan di seluruh perusahaan milik negara.

(CNN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here