Ragu-Ragu Anies

0
214
Ilustrasi

BarisanBerita.com,- Makin tak tentu siapa pendamping Anies dan juga makin tak jelas kapan diumumkan, disebut menjadi penyebab gacoan Nasdem itu terus terpuruk di posisi tiga di banyak lembaga survei. Peluang menang pun makin jauh.

Ketidaksabaran teman koalisi nampaknya tak lagi bisa dibendung. Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Andi Arief dari Demokrat yang satu sekondan dengan Koalisi Perubahan dan Perbaikan tegas meminta Anies segera mengumukan nama wakilnya.

Bukan tanpa sebab Andi meminta Anies untuk tak menunda mengumukan nama bakal wakilnya, itu lantaran peringkat bekas Gbernur DKI itu yang tak naik-naik dari posisi buncit ketiga.

Menurut Andi, penundaan pengumuman cawapres membuat konsolidasi Koalisi Perubahan untuk Persatuan terlambat.

Andi menyatakan partainya tidak berkukuh menjagokan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhyono alias AHY jadi cawapres. Ia mempersilakan Anies mengumumkan cawapres yang sudah dikantongi jauh-jauh hari.

“Nggak masalah. Mau Mbak Yenny Wahid, Bu Khofifah Indar Parawansa, mau Ibu Susi Pudjiastuti silakan aja diumumkan. Tapi sekarang, biar cepat konsolidasi. Ini menghambat konsolidasi ini,” kata Andi saat dihubungi, Senin, 7 Agustus 2023.

Menurut Andi, pengumuman cawapres yang disegerakan berdampak baik pada koalisi. Sebab, kata dia, semua pihak bisa bekerja menjalankan tugas-tugas pemenangan kala pasangan capres dan cawapres sudah fix.

Toh Andi menyebut tidak ada lagi yang ditunggu. Ia ragu jika ada sosok nama cawapres baru selain yang sudah beredar sebelumnya.

“Apalagi yang ditunggu? Apakah ada orang baru? Kan nggak mungkin juga ada orang baru lah. Bisa ditebak kira-kira siapa aja yang jadi cawapres. Jadi untuk apa lama-lamain,” kata dia.

Andi mengatakan Demokrat akan mulai berkomunikasi secara serius dengan Anies ihwal cawapres ini. “Karena dijanji-janjiin terus ini, tapi nggak ada realisasinya,” kata Andi.

Adapun Anies telah diusung oleh tiga partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Mereka terdiri atas Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat Saan Mustofa menyebut partainya menyerahkan kepada Anies soal momen deklarasi cawapres. Menurut dia, jika Anies sudah diberikan mandat, maka koalisi hendaknya percaya dengan memberikan waktu dan ruang bagi Anies.

“Jadi nggak perlu kita desak-desak. Beri aja kesempatan Mas Anies kalau memang sudah berkomitmen menyerahkan urusan cawapres ke Mas Anies,” kata Saan saat dihubungi, Senin, 7 Agustus 2023.

Kendati Demokrat sudah mendesak pengumuman cawapres, Saan hakulyakin Koalisi Perubahan akan tetap solid. Ia mengaku tak punya kekhawatiran jika partai pimpinan AHY itu bakal hengkang dari koalisi.

“Saya nggak ada kekhawatiran. Saya masih yakin Demokrat komit untuk memperkuat soliditas dan memperkokoh koalisi,” kata dia.

(Tmp/BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here