Di Tangan Luhut, Jokowi Bertaruh

0
365
Luhut saat bertugas di TNI

BarisanBerita.com,- Kepercayaan Presiden Jokowi pada sosok satu ini menjadi perbincangan banyak pihak, Pasalnya ada tudingan miring bahwa Jokowi tak percaya siapapun selain Luhut Pandjaitan, yang akrab dijuluki “The Lord”.

Namun soal ketergantungan presiden pada Jokowi bukan tanpa alasan, keduanya sudah lama akrab.

Luhut Pandjaitan

Kali luhut diberi tugas oleh negara untuk menangani masalah udara Jakarta.

Hal itu diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi. Rapat itu sendiri membahas teknologi modifikasi cuaca untuk mengatasi polusi di Jakarta dan sekitarnya.

“Tetapi perlu dipahami bahwa teknik modifikasi cuaca membutuhkan awan, ada syarat-syaratnya menurut ketentuan klimatologi. Dan ini perlu katakanlah, diperkuat dengan sesuai kondisi yang ada. Secara keseluruhan koordinasi operasional ini dipimpin Menko Marves (Luhut),” kata Siti Nurbaya dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/8).

Ini bukan kali pertama Jokowi memberi tugas tambahan kepada Luhut. Hingga pertengahan 2022 lalu misalnya, Menko Maritim dan Investasi itu mengaku mendapat 27 tugas tambahan dari Presiden. Beberapa di antaranya memang sudah berakhir.

Kepercayaan Jokowi terhadap Luhut rupanya tak datang begitu saja, pasalnya keduanya disebut sudah saling kenal sejak Jokowi masih berada di Solo. Hal ini disampaikan oleh politikus senior PDI Perjuangan Panda Nababan.

“Luhut ini sebelumnya adalah di garda terdepan campign untuk Jokowi, dan punya hubungna dekat juga dengan Jokowi,” kata Panda Nababan.

Menurut Panda Nababan, Jokowi dan Luhut sudah berelasi sejak presiden masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

“Lepas dari cerita presiden, mereka memiliki hubungan pribadi, waktu Jokowi masih wali kota terus kemudian salah seorang manajernya Jokowi kenal dengan manajer Luhut,” kata Panda.

“Terjadilah interaksi kemudian terjadi kerjasama dari perusahan mebel jokowi dalam rangka rekaya ekspor ke Eropa, di situlah awal mula mereka berelasi,” imbuhnya.

Jokowi sendiri menurut Panda mulanya tak memasukkan Luhut ke kabinetnya. Pasalnya tiga politisi senior yakni Jusuf Kalla, Megawati, dan Surya Paloh tak setuju jika Luhut masuk ke kabinet.

Namun akhirnya Jokowi tetap menempatkan Luhut meski tak dapat restu politikus senior karena menganggap penempatan menteri adalah hak prerogatifnya.

Akhirnya Luhut dijadikan sebagai Kepala Staf Kepresidenan oleh Jokowi yang langsung datang ke pelantikan tanpa pengetahuan Jusuf Kalla, Megawati, maupun Surya Paloh.

“Itu lah awal masuknya dia [Luhut] ke kabinet,” turunya.

(Bobby)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here