Kelurahan Cipedak Jadi Pilot Project PHBS

0
473 views
Sekretaris Kelurahan Cipedak, Devi Indriany memberi arahan pada warga peserta kerja bhakti

Jakarta, barisanBerita.com,- Kelurahan Cipedak, Jakarta Selatan, menjadi wilayah pertama pelaksanaan program Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Barisan warga Kelurahan Cipedak bersiap kerja bhakti

Demikian dikatakan Sekretaris Kelurahan (Sekel) Cipedak, Devi Indriany, pekan lalu.
Devi mengatakan, pemilihan Kelurahan Cipedak sebagai Pilot Project PHBS karena masih adanya sejumlah warga yang masih belum berprilaku hidup sehat.

Sekel Cipedak menjelaskan, program PHBS merupakan perwujudan orientasi hidup sehat dalam budaya perorangan, keluarga dan masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan, memlihara dan melindungi kesehatan baik secara fisik, mental spritual, maupun sosial.

Ada 10 indikator pada program PHBS:
1. Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan
2. Memberi ASI (Air Susu ibu) eksklusif
3. Menimbang bayi dan anak sampai dengan usia 6 tahun secara rutin setiap bulan
4. Menggunakan air bersih
5. Cuci tangan pakai sabun dengan benar
6. Gunakan jamban sehat
7. Memberantas jentik nyamuk
8. Makan makanan yang sehat
9. Melakukan aktifitas fisik setiap hari
10.Tidak merokok

Devi menambahkan, peresmian kegiatan PHBS di Kelurahan Cipedak dilakukan langsung Wali Kota Jakarta Selatan, Munirin, pekan lalu. “Pak Wali Kota Munjirin berpesan agar PHBS di Kelurahan Cipedak bisa terwujud sehingga tak ada lagi permasalah kesehatan dan kebersihan yang berarti di wilayah ini.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tambah Devi, Lurah bersama jajaran dan warga Cipedak melakukan kerja bakti membersihkan wilayah Cipedak sekaligus memberi sosialisasi PHBS pada warga.

“Program PHBS di wilayah ini menjadi tantangan kami untuk segera mewujudkan, dan menjadi tanggung jawab semua pihak menyukseskan program tersebut,” tutup Devi.

(Bobby/wo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here