Dishub Kabupaten Bogor Luncurkan Layanan Pengujian Kendaraan Melalui Smart Card Berbasis RFID

0
449
Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama para stakeholder saat meresmikan Layanan Pengujian Kendaraan Melalui Smart Card Berbasis RFID

Bogor, Barisan Berita.com,- Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor menerapkan sekaligus peluncuran sistem layanan pengujian kendaraan bermotor secara elektronik, melalui smart card berbasis Radio Frequency Indetification (RFID) oleh Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan di Kantor Dishub Kabupaten Bogor, Senin (18/7/22).

Iwan Setiawan mengatakan, Peluncuran Smart Card Berbasis Radio Frequency Identification (RFID) dilakukan untuk memberikan kemudahan layanan pengujian kendaraan bermotor agar memastikan kendaraan laik jalan dan upaya untuk meningkatkan keselamatan berkendara serta mengantisipasi pemalsuan buku bukti lulus uji, sehingga masyarakat Kabupaten Bogor bisa dengan mudah mengetahui bukti lulus uji laik jalan dengan mudah secara digital menggunakan QR-CODE yang dapat diakses melalui smartphone.

“Hari ini peluncuran layanan uji kendaraan bermotor berbasis elektronik, Alhamdulilah bisa diterapkan di Dishub Kabupaten Bogor, Ini merupakan inovasi baru, mudah-mudahan bisa memaksimalkan pelayanan, meningkatkan dan mengamankan para pemilik kendaraan yang sudah berbayar, juga untuk meningkatkan keselamatan berkendara”.

Penerapan Smart Card Berbasis RFID juga sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas kendaraan, meminimalisir manipulasi data, pemalsuan buku dan pemalsuan kendaraan yang sudah diuji kelayakan kendaraannya, ujar Iwan.

“Kabupaten Bogor ini daerahnya berbukit-bukit naik turun, kalau laik ujinya dipalsukan bisa terjadi kecelakaan di perjalanan, kami berharap mobil-mobil lain dari luar Kabupaten Bogor jika melewati Puncak, uji kelayakannya harus sudah lolos sehingga bisa memasuki Kabupaten Bogor dengan selamat”, kata iwan.

Iwan mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Bogor terus berupaya meningkatkan pelayanan dalam pengujian kendaraan bermotor, untuk memastikan kendaraan laik jalan, melalui berbagai inovasi selain peluncuran Penerapan Bukti Lulus Uji secara Elektronik (Blue) Berupa Smart Card Berbasis Radio Frequency Identification (RFID), antara lain, penerapan sistem informasi manajemen yang terhubung dengan Kementerian Perhubungan RI, pendaftaran pengujian kendaraan bermotor secara online dan pembayaran retribusi kendaraan bermotor secara non tunai, bekerjasama dengan Bank BJB Cabang Cibinong.

Iwan Setiawan menjelaskan bahwa penggunaan smart card ini menjadikan pelayanan pengujian kendaraan lebih mudah, transparan dan tentunya lebih akuntabel, karena dapat mengantisipasi pemalsuan bukti lulus uji, sehingga data kendaraan lebih valid untuk mewujudkan kendaraan yang berkeselamatan.

“Saya sangat mengapresiasi penerapan smart card dalam melakukan uji kendaraan ini sebagai langkah inovasi transformasi digital pelayanan publik, merupakan suatu kebanggaan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor adalah Kabupaten pertama yang menerapkan teknologi smart card berbasis RFID di Indonesia, ini bisa jadi pilot project untuk daerah lainnya”, ujar Iwan setiawan.

Kepala Dishub Kabupaten Bogor, Agus Ridhallah mengatakan, smart card berbasis RFID merupakan teknologi baru yang pertama kali diterapkan di Kabupaten Bogor, yang bertujuan untuk mengurangi pemalsuan bukti lulus uji kendaraan dan keselamatan dalam berkendara.

“Ini sesuatu yang baru dan kita coba terapkan di Kabupaten Bogor, melalui smartcard ini Insya Allah tidak akan ada pemalsuan, saat manual lebih rentan untuk dimanipulasi, karena hanya tempel pilok saja, jadi pengujian lebih valid sehingga keselamatan akan lebih meningkat,” harap Agus.

Agus Ridhallah juga mengatakan, Penerapan Bukti Lulus Uji secara Elektronik (BLUe) Berupa Smart Card Berbasis Radio Frequency Identification (RFID) dapat langsung terhubung dengan Kemenhub dan telah lulus uji bahwa teknologi tersebut sangat bagus diterapkan dalam hal keselamatan berkendara.

“Smartcard berbasis RFID ini juga dapat memudahkan kami dalam melakukan pengawasan di lapangan, ketika ada operasi cukup gunakan HP scan QR-CODE sudah langsung datanya muncul”, ujarnya. (ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here