Gereja Katolik Tolak Pernikahan Pasangan Sejenis

0
727
Paus Fransiskus

Gereja Katolik tak punya kuasa untuk memberkati pasangan sesama jenis, kata pihak Vatikan yang menangani doktrin.

Ini merupakan hal yang “tidak mungkin” bagi Tuhan untuk “memberkati dosa”, kata Kongregasi bagi Doktrin Iman (CFD) di Vatikan Senin waktu setempat.

Tapi CDF memberikan catatan “unsur-unsur positif” dalam hubungan sesama jenis.

Pada Oktober lalu, Paus Fransiskus mengatakan dalam sebuah dokumenter, menurutnya pasangan sesama jenis semestinya diizinkan sebagai “pasangan sipil”.

Di Gereja Katolik, pemberkatan diberikan oleh pendeta atau petinggi lainnya atas nama Gereja.

Senin kemarin, Paus Fransiskus merestui tanggapan dari CDF itu, dan mengatakan ini “bukan dimaksudkan sebagai bentuk diskriminasi yang tidak adil, melainkan sebagai pengingat akan kebenaran ritus liturgi”.

Sejumlah paroki dalam beberapa bulan terakhir, termasuk di Jerman, dan Amerika Serikat mulai memberikan pemberkatan kepada pasangan sesama jenis, sebagai langkah untuk menerima kelompok gay di lingkungan gereja, menurut laporan kantor berita Reuters.

Tanggapan CDF adalah jawaban atas pertanyaan: “Apakah Gereja memiliki kuasa untuk memberikan pemberkatan kepada pasangan yang memiliki jenis kelamin yang sama?” Jawabannya: “Tidak”

CDF mencatat pernikahan antara pria dan wanita adalah sebuah kesakralan, dan untuk itu pemberkatan tak bisa diberikan kepada pasangan sejenis.

“Untuk alasan ini, tidak diperbolehkan untuk mendapatkan pemberkatan pada hubungan yang melibatkan aktivitas seksual di luar nikah (yaitu, di luar pasangan tak terpisahkan dari pria dan wanita yang terbuka dengan sendirinya, menuju transmisi kehidupan), seperti kasus pasangan yang memiliki jenis kelamin yang sama,” kata CDF.

(BBC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here