PBB Cemas Ekonomi Afganistan Makin Memburuk

0
426
Pasukan Taliban menjaga wilayah perbatasan

BarisanBerita.com,- Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak masyarakat internasional agar mengambil tindakan untuk mencegah runtuhnya perekonomian di Afganistan.

Guterres berbicara kepada wartawan pada Senin (11/10/2021) di markas besar PBB di New York mengenai kondisi ekonomi yang makin memburuk di Afganistan, khususnya soal kekurangan uang tunai.

Ia mengatakan bahwa perekonomian terancam runtuh. Bank-bank tutup dan sejumlah layanan esensial, seperti layanan kesehatan, telah dihentikan di banyak wilayah.

Guterres meminta masyarakat global agar menyuntikkan dana tunai yang bisa sampai kepada orang-orang di Afganistan melalui organisasi-organisasi internasional.

Ia memperingatkan bahwa jika masyarakat internasional tidak membantu, warga Afganistan yang melarikan diri dari negaranya akan terus bertambah dan jaringan teroris juga kemungkinan akan meningkat.

Sekjen PBB itu juga mengungkapkan bahwa dirinya khususnya merasa khawatir bahwa janji yang diberikan kepada para wanita dan anak perempuan Afganistan oleh Taliban tidak dipenuhi.

Guterres mengimbau keras pihak Taliban agar menjamin hak wanita untuk mendapatkan pendidikan dan pekerjaan.

Aset pemerintah Afganistan di Amerika Serikat dan kawasan lainnya di luar negeri telah dibekukan setelah Taliban mengambil alih kekuasaan negara itu pada Agustus lalu.

(KHN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here