R. Nasan Sujana: Seni Topeng Jigprak, Pernah Juara Umum Terbaik Festival Tradisi Kesenian Tingkat Jawa Barat

0
982
R.Nasan Sujana

Bogor, BarisanBerita.com,- Pencipta Seni Topeng Jigprak R.Nasan Sujana (70) meminta kepada Pemerintah Kabupaten Bogor dan masyarakat agar terus melestarikan serta mengembangkan kesenian ini agar tidak punah, demikian dikatakannya kepada BarisanBerita.com, di sekretariat Dewan Kesenian Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu (7/4/21).

Dia mengatakan, Seni Topeng Jigprak ini adalah merupakan salah satu kekayaan seni yang ada di Kabupaten Bogor, seni topeng Jigprak ini diciptakannya pada tahun 1980, lalu dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat khususnya kabupaten Bogor, hingga pada tahun 2005 seni topeng Jigprak mewakili Kabupaten Bogor ikut menjadi peserta festival tradisi kesenian tingkat Jawa Barat.

“Seni Topeng Jigprak pada tahun 2005 juara umum terbaik dan menarik pada Festival Tradisi  Kesenian Tingkat Jawa Barat, semenjak itu seni topeng Jigprak semakin dikenal”, ujar abah Nasan pangilan akrabnya.

Abah Nasan berharap, agar pemerintah Kabupaten Bogor terus menjaga dan melestarikan seni Topeng Jigprak ini agar tidak punah, apalagi diambil atau diklaim oleh daerah lain atau negara lain, pintanya.

(ris).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here