Sukses Indonesia Tekuk Corona

0
1165
Tes PCR covid 19

BarisanBerita.com,- Semua mata kini berpaling ke Indonesia dalam penanganan virus covid-19. Negara ini dianggap berhasil mengurangi sebaran virus mematikan tersebut. Sejumlah faktor menjadi keberhasilan Indonesia dalam “perang” melawan pandemik yang menakutkan.

Melandainya kasus Covid-19 di Indonesia nyatanya mendapatkan pujian beberapa pihak. Salah satu yang memuji penanganan pandemi RI adalah Bank Dunia.

Dalam sebuah artikel yang berjudul “Indonesia has passed 100 million COVID-19 vaccine doses. What can we learn?”, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste, Satu Kahkonen menjelaskan bahwa RI telah berhasil menangani pandemi dengan dua cara yang sangat efektif.

Kahkonen menjelaskan bahwa Indonesia berhasil membangun sebuah persepsi bahwa vaksinasi yang cepat mampu memitigasi efek dari infeksi Covid-19. Hal ini membuat Indonesia mampu menyuntikkan 100 juta dosis vaksin corona hingga saat ini.

“Sementara kekurangan vaksin global telah menjadi masalah utama bagi negara-negara lain, Indonesia telah mampu mengamankan pasokan yang stabil dan secara signifikan meningkatkan program vaksinasinya,” ujarnya dikutip dari blog worldbank, Senin (20/9/2021).

Poin kedua yang tertulis dalam laporan itu adalah fokus pendanaan pemerintah kepada penanganan pandemi. Utamanya terhadap sektor kesehatan,pemulihan ekonomi, dan mitigasi dampak sosial.

“Komitmen senilai US$ 50 miliar ini telah diperoleh dari anggaran pemerintah melalui prioritas ulang, dan juga dengan memobilisasi sumber daya eksternal,” tegasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, penanganan corona di Indonesia lagi-lagi diapresiasi dunia.

Kali ini terlihat dari publikasi situs data dari John Hopkins University yang terakhir update pada tanggal 12 September 2021.

“Penanganan COVID-19 di Indonesia diapresiasi dunia karena mampu menurunkan angka kasus hingga 58% dalam 2 minggu,” kata Nadia dalam keterangannya, Jumat (17/9).

Saat ini, angka konfirmasi kasus positif COVID-19 harian juga turun drastis dibandingkan dengan periode sebelumnya. Bahkan, mencatatkan angka terendah sejak Mei 2021 yaitu sebanyak 2.577 kasus dalam sehari.

“Walaupun angka kasus harian sudah jauh menurun, masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan segera melakukan vaksinasi sesuai dengan jadwal,” tutur dia.

Sebagai bangsa yang memiliki 3,5% dari populasi dunia, dan luas wilayah melebihi wilayah Eropa Barat, Indonesia memiliki peran penting dalam upaya bersama menuntaskan pandemi corona. Di sisi lain juga berisiko berkontribusi besar menyumbang kasus di dunia.

Kasus aktif corona baik yang dirawat di rumah sakit maupun perawatan mandiri sudah semakin turun, tepatnya menjadi 73.238 orang. Atau turun 11.725 orang pada hari kemarin.

Ini bukan kali pertama Indonesia dipuji atau diapresiasi. Sebelumnya pemerintah Italia hingga Malaysia melakukan hal yang sama, bahkan kaget dengan pencapaian Indonesia.

(BBS/wo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here