Ade Yasin Ingatkan Kades Manfaatkan SAMISADE dengan Maksimal

0
646
Bupati Bogor Ade Yasin

Bogor, BarisanBerita.com,- Bupati Bogor Ade Yasin mengingatkan para Kepala Desa untuk memanfaatkan program Satu Miliyar Satu Desa (SAMISADE) secara maksimal, demikian disampaikannya pada kegiatan     Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Pamijahan, Rabu (7/4) bersama Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Wakil Ketua DPRD M. Romli, serta Forkopimda Kabupaten Bogor.

Bupati Ade Yasin mengatakan, ketika dirinya kampanye dulu, melihat persoalan desa itu rata-rata infrastrukturnya jelek, pengairan sawah nya jelek dan lain-lain, sehingga ia dan Iwan Setiawan turunkan program SAMISADE, SAMISADE ini difokuskan dalam pembangunan infrastruktur desa, seperti akses pariwisata, akses ekonomi, akses perbatasan desa, akses kesehatan, pendidikan sampai akses pusat pemerintahan.

“Dengan SAMISADE, kata Ade Yasin, kita bisa memfasilitasi masyarakat dengan aksesibilitas yang bagus, bisa buat tower untuk daerah yang blank spot sehingga sinyal HP dapat diterima, selain itu untuk kepentingan pengairan, MCK, dan infrastruktur lainnya”.

Ade Yasin juga mengatakan, SAMISADE itu setiap tahun, bukan selama satu periode, maka harus kita manfaatkan dalam satu tahun ini, di Kecamatan Pamijahan yang pengajuan anggarannya baru masuk hanya 10 desa, itupun angkanya kecil-kecil, kemudian baru 4 desa dari 10 desa yang sudah memanfaatkan SAMISADE.

“Inikan sayang, jika SAMISADE tidak dimanfaatkan, kalau Anggaran Dana Desa kan dipake ke Bansos Covid, jadi kita susah membangun, kalau Kepala Desanya nggak bisa ngebangun, masyarakatnya kecewa, periode berikutnya bisa-bisa teu kapilih deui”.

Sekarang ada 10 desa yang sudah mengajukan, sisanya lima desa lagi, kalau yang lima desa sudah mengajukan juga, Insyaallah kalau ada uangnya kita akan berikan di perubahan, intinya, SAMISADE harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat banyak, ujar Ade Yasin.

“Insyaallah kita juga akan kawal bagaimana caranya bisa semua membangun dan bisa semuanya baik dari penganggaran, pelaksanaan, maupun pelaporan, kita akan bantu semaksimal mungkin”, ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Muhammad Romli mengatakan, kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Pamijahan khususnya dalam rangka bersinergi membangun Kabupaten Bogor, dimulai dengan pembangunan pedesaan, kami harapkan dan meminta bahwa seluruh pembangunan mulai direncanakan dari Musrenbang tingkat desa.

“Tidak pernah akan ada sekarang pembangunan yang nyelonong lewat apapun, sebab dasarnya pembangunan itu melalui Musrenbang tingkat desa, baik itu DPRD maupun pemerintah daerah pintu masuknya ada pada desa”, ujarnya.

Kepala Desa harus senantiasa memasukkan seluruh program pembangunannya, baik itu yang sudah teranggarkan maupun yang belum, sehingga dalam masa periodenya, para Kepala Desa atau lurah dapat melihat mana yang sudah dan mana yang belum. Ujar M.Romli.

(ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here