Pemkot Jaksel Lepas Tangan, Jalan Andara Jadi “Surga” PKL

0
674
Pedagang kakli lima di Jalan Andara, Jakarta Selatan

Jakarta, BarisanBerita.com,- Kawasan Jalan Andara, Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan, saat ini makin marak dengan deretan pedagang kaki lima (PKL). Kondisi tersebut menjadikan wilayah ini menjadi “surga” bagi para PKL. Mereka bisa berdagang dengan bebas tanpa takut penertiban apapun alias tak tersentuh.

Dari hasil penelusuran BarisanBerita, lahan di Jalan Andara disewakan oleh oknum warga kepada para PKL dengan nilai sewa yang cukup besar. Dan dari hari ke hari PKL di kawasan itu terus bertambah dan membuat kumuh.

Camat Cilandak, Djaharuddin saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya tak bisa menertibkan PKL di Jalan Andara karena lahan itu bukan milik Pemda DKI. “Lahan tersebut milik Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), sehingga kami tidak bisa menertibkan PKL di sana,” katanya, Jumat (26/8/22).

Saat ditanya tentang upaya kordinasi dengan BPJT, Djaharuddin mengatakan, hal itu belum dilakukan karena tidak ada keluhan dari BPJT. “Kami baru bertindak jika ada keluhan dari pihak BPJT terkait PKL di kawasan tersebut,” ujarnya.

Tapi Djaharuddin menjelaskan, pihaknya tetap memonitor kawasan tersebut, “Kami juga mengerahkan petugas PPSU di kawasan itu agar tetap bersih,” ucapnya.

Pengamat Perkotaan dan Penerapan Perda, Norman menilai pembiaran kawasan Jalan Andara untuk dijadikan berdagang para PKL akan membuat iri pedagang lain. “PKL juga akan bertambah banyak karena pembiaran tersebut,” ujarnya.

“Dan pengerahan petugas PPSU untuk membersihkan kawasan yang bukan milik Pemprov DKI itu menimbulkan pertanyaan,” kata Norman. “Tadi disebut bukan aset DKI, tapi kok mengerahkan tenaga kebersihan ke sana.”

(Bowo, As)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here