Utak Atik Ukuran Makam di Jakarta

0
758
Makam korban covid-19

Jakarta, BarisanBerita.com,- Demi memberi ruang lebih banyak untuk para jenazah korban covid-19, penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 TPU Bambu Apus, Jakarta Timur Muhaemin mengatakan pihaknya melakukan strategi dalam pengadaan lahan makam. Kata dia, hal tersebut dilakukan guna penghematan lahan yang ada. Sebab diperkirakan dapat menambah dua kali lipat dari kapasitas semula.

“Biasanya, per petak makam 2,5 x 1,5 meter persegi, kini diringkas menjadi 1,2 x 2,2 meter persegi per lubang atau petak makam,” kata Muhaemin saat dikonfirmasi, Jumat (29/1).

Lanjut Muhaemin, meski ukurannya lebih kecil namun masih terdapat jarak sekitar 40 sentimeter setiap sisinya. Kata dia, ukuran tersebut dapat digunakan untuk memasukkan peti jenazah.

TPU Bambu Apus memiliki luas lahan 3.000 meter persegi yang terbagi menjadi tiga blad untuk pemakaman khusus Covid-19 dan sisanya untuk pemakaman umum.

“Diperkirakan jumlah petak makam yang bisa disiapkan di lahan tersebut sekitar 850-900 lubang,” jelasnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini tengah menyiapkan lima lahan untuk pemakaman khusus pemakaman dengan protokol kesehatan Covid-19. Anggaran yang digunakan untuk membuka lahan tersebut mencapai Rp 185 milliar.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Suzi Marsitawati menyatakan anggaran yang digunakan berasal dari APBD perubahan tahun 2020.

“Jumlahnya dari lima lokasi itu sekitar 3,3 hektar, satu petak makam itu memerlukan 3,75 meter persegi. Itu satu petak makam dan sekarang kan kondisinya memang belum ditata, jadi sedikit lagi kita akan tata,” kata Suzi saat dikonfirmasi, Selasa (26/1/2021).

Lima lokasi yang dimaksud yakni di Srengseng Sawah, Kampung Dukuh, Semper, Joglo, dan Bambu Wulung (Bambu Apus).

Sementara itu, dia juga menyatakan terdapat ratusan jenazah dimakamkan di sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) di wilayah Ibu Kota.

(Mdk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here