Mengintip Libido Politik Aminuddin di Probolinggo

0
828
Ilustrasi pilar kekuasaan

BarisanBerita.com,- Jika saja OTT KPK tak terjadi, mungkin rencana mantan Bupati Probolinggo, Hasan Aminuddin, bakal lancar menggadang-gadang putranya untuk “meneruskan” jejak politiknya.

Zulmi Noor, sang Putra, memang sedang disiapkan oleh ayahnya untuk berkecimpung di dunia politik, khususnya dalam rangka Pilkada. Sejumlah upaya memperkenalkan putranya ke publik ini diduga untuk melanggengkan dinasti politik.

“Ini sudah ditata lebih kurang setahun terakhir,” kata Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (Lira), Syamsuddin seperti dikutip dari Koran Tempo, Rabu, 1 September 2021.

Hasan Aminuddin merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Bupati Probolinggo periode 2003-2008 dan 2008-2013. Kemudian istri Hasan, Puput Tantriana Sari, menjadi Bupati Probolinggo sejak 2013 dan kembali terpilih pada 2018. Hasan dan Puput ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi lewat serangkaian operasi pada Senin, 30 Agustus 2021.

Syamsuddin mengatakan, ada sejumlah kegiatan di pemerintah, baik tingkat kabupaten, kecamatan, maupun desa yang melibatkan Zulmi untuk sekadar tampil memberikan bantuan atau bingkisan. Momen-momen reses anggota Dewan juga tak luput dari perhatian Zulmi untuk nebeng tampil di publik.

Berikut sejumlah kegiatan di Kabupaten Probolinggo yang melibatkan Zulmi.

  1. Bingkisan untuk ibu hamil

Pada 27 Agustus lalu, Zulmi dijadwalkan memberikan bingkisan kepada para ibu hamil. Acara itu dipersiapkan Camat Leces, Kabupaten Probolinggo, Moh. Syarifuddin, dengan memerintahkan kepala Desa Clarak dan Warujinggo. Dalam surat perintahnya, Camat Syarifuddin memerintahkan kedua kepala desa menghadirkan masing-masing 10 ibu hamil.

  1. Pendataan keluarga

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Probolinggo mempublikasikan kegiatan instansi bersama Zulmi dalam mendata keluarga, pada April 2021. Zulmi dilibatkan dalam kapasitas sebagai Direktur Hasan Foundation Probolinggo.

  1. Kerja sama bidang ekonomi

Pada Maret lalu, Zulmi sebagai Direktur Hasan Foundation dan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Probolinggo menandatangani kerja sama bidang ekonomi. Penandatanganan ini disaksikan anggota dewan koperasi Probolinggo yang saat itu hadir untuk mengikuti musyawarah daerah.

  1. Baliho

Baliho Zulmi dan ayahnya bertebaran di berbagai wilayah Probolinggi. Temua Tempo, baliho besar tersebar di lebih dari tiga titik di kabupaten itu. Zulmi juga kerap menampangkan wajahnya di balik bahan pokok yang diberikan kepada masyarakat.

  1. Safari politik

Zulmi beberapa kali terlihat bersafari politik ke kantor partai politik di Probolinggi. Pada Mei lalu, ia dikabarkan bakal diusung Partai Persatuan Pembangunan dan Partai NasDem untuk ikut serta dalam Pemilihan Bupati 2024.

(Tmp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here