Upaya Tekan Polusi, Pemkab. Bogor Uji Emisi Kendaraan Gratis

0
289
Pengujian emisi pada kendaraan

Bogor, BarisanBerita.com,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Polres Bogor lakukan kegiatan uji emisi gratis bagi masyarakat, di Jalan Alternatif Sentul Babakan Madang, Kamis (31/8/23).

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Holid Mawardi mengatakan, uji emisi gratis dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi polusi udara serta sebagai tindak lanjut dari surat edaran Mendagri Nomor 2 tahun 2023 tentang pengendalian polusi udara di daerah Jabodetabek.

Warga mendaftar untuk pengujian emisi bagi kendaraan mereka

Menurut Holid, ada dua kategori hasil uji kendaraan yakni kendaraan lulus uji emisi dan tidak lulus uji emisi.

“Bagi kendaraan yang lulus uji emisi akan diberikan sertifikat lulus uji emisi kendaraan dari KLHK, sementara yang tidak lulus kami himbau dan arahkan untuk melakukan pemeliharaan kendaraan,” ujar Holid dikutip dari realease Diskominfo setempat pada Kamis 31/8/23.

Holid juga mengatakan, antusias masyarakat sangat tinggi terhadap kegiatan uji emisi kendaraan gratis ini, sehingga uji emisi kendaraan gratis ini tidak berhenti di hari ini melainkan akan dilaksanakan hingga 31 Desember 2023.

“Insyaallah uji emisi gratis ini akan kami laksanakan hingga 31 Desember 2023 nanti melalui enam tahap dengan kuota per hari ini 200 kendaraan”. ujarnya.

Ia juga mengajak masyarakat yang belum melakukan uji emisi untuk segera lakukan uji emisi kendaraan dengan cara mendaftar online melalui aplikasi KLHK melalui laman https://ditppu.menlhk.go.id/langit-biru/booking maupun langsung datang ke tempat pelaksanaan uji emisi.

“Bagi masyarakat yang belum uji emisi kendaraan, yuk selagi kami adakan gratis bisa daftar online di aplikasinya KLHK, maupun datang ke tempat”.

Muklis warga Bojonggede mengaku senang dan terbantu dengan adanya uji emisi gratis yang dilaksanakan Pemkab Bogor.

“Jadi kita tahu kondisi kendaraan kita sehat atau tidak, kalau bisa diadakan terus kegiatan-kegiatan seperti ini”.

(ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here