5 Langkah Bagi Tulang Yang Sehat

0
61 views
Olahraga lari.

Hal-hal apa yang sebaiknya kita lakukan dalam keseharian untuk menjaga kesehatan tulang? Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan pada keseharian kita.

Tulang menopang tubuh kita sejak awal, untuk berjalan, meraih sesuatu atau untuk berdiri tegak. Tapi kesehatan tulang kerap diabaikan, dan baru diperhatikan saat sudah mengalami gangguan. Hal yang sifatnya preventif bisa jadi acuan kita untuk menghindari gangguan tulang yang bisa berdampak panjang. Apa yang sebaiknya dilakukan?

Bergerak dan berolahraga

Bergerak dan berolahraga harus dibiasakan sejak kecil agar kekuatan tulang sudah terbinasejak awal. Selain baik bagi tulang, berolahraga baik bagi otot dan kemampuan berberak. Otot yang kuat bisa membantu mencegah kemungkinan menurunnya kekuatan menopang tubuh. Terutama pada mereka yang sudah berusia lanjut.

Makanan kaya kalsium

Vitamin K, magnesium dan seng penting bagi kesehatan tulang. Ini bisa ditemukan pada sayuran berdaun hijau, misalnya bayam. Juga dalam buah-buahan kering dan ikan serta daging yang tidak berlemak.

Menikmati sinar matahari

Vitamin D juga sangat penting bagi kesehatan tulang. Terpapar sinar matahari selama 10 hingga 15 menit pada pagi hari dapat merangsang produksi vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang Anda.Tulang-tulang kita hanya bisa mendapat keuntungan dari kalsium yang diperoleh dari makanan, jika juga mendapat vitamin D yang cukup. Untuk itu, tubuh kita hanya perlu sinar matahari, agar dapat memproduksi sendiri vitamin D.

Hindari olah raga berisiko tinggi

Pada dasarnya, semakin tulang digunakan, semakin banyak tulang memproduksi massa, sehingga semakin kuat. Tapi hati-hati. Jangan melakukan olah raga secara berlebihan. Karena efeknya bisa malah sebaliknya. Apalagi jika sampai menyebabkan cedera tulang.

Berkonsultasi dengan dokter

Risiko melemahnya tulang, seperti osteoporosis, sebaiknya diketahui sejak dini, agar gaya hidup dan makanan sudah bisa disesuaikan sejak dini. Untuk itu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Hal-hal diatas harus kita upayakan dengan maksimal demi kesehatan tulang, terutama kepada mereka yang menjelang usia lanjut. Menjaga kesehatan tulang dan organ pada tubuh kita sangat penting untuk dapat menikmati hari-hari bersama keluarga dan rekan dikemudian hari. Biasakan pola hidup sehat sejak dini untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit.

(DW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here