Band Armada Masih Dapat Rezeki Meski Dihantam Corona

0
21 views
Personil Armada Band

Pandemik covid-19 banyak menyengsarakan banyak seniman, yang selama ini hidupnya bergantung pada tawaran tampil dari panggung ke panggung.

Tapi hal itu nampaknya belum berimbas pada para personel band Armada karena mereka masih memiliki sumber penghasilan lain.

Salah satu pendapatan para personelnya didapatkan dari royalti. Pelantun “Aku Bisa Apa” ini bersyukur perusahaan yang menaungi grup tersebut pun mau bertanggung.

“Kalau off air nggak jalan, kami ada digital di royalty. Beruntungnya Armada itu royaltinya memang masih jalan,” kata Rizal, vokalis band Armada, seperti dilansir Suara.com, Jumat (11/9/2020).

Rizal Armada menambahkan, salah satu pekerja seni yang terkena dampak besar adalah mereka yang menggantungkan pendapatan dari hasil manggung.

“Kan yang kasian itu mereka nih musisi kafé yang penghasilannya dari manggung,” imbuh suami Monica Imas ini.

Termasuk pula pendapatan yang dihasilkan saat penyanyi lain meng-cover lagu Armada. Di mana, akan ada bagian untuk Armada sebagai pemilik legal lagu yang dinyanyikan penyanyi cover tersebut.

“Selama ini yang cover (lagu) Armada monetizenya nggak masalah,” ucap Rizal.

Untuk itu, Armada tidak mempermasalahkan jika ada orang-orang yang meng-cover lagu mereka. Apalagi digunakan untuk musisi jalanan sebagai mata pencaharian.

“Tapi kalau di-cover dan masuk ke platform seperti Spotify, itu seharusnya nggak boleh. Misalnya buat ngamen, cover YouTube, terserah aja, nggak masalah,” kata pelantun “Asal Kau Bahagia” ini.

Walaupun bersyukur masih mendapatkan penghasilan di tengah pandemi, tapi band Armada berharap wabah ini segera berakhir. Sebab tak semua orang seberuntung mereka.

“Yang harus tetap keluar dan kerja, gue mewakili anak-anak di Armada mendoakan yang terbaik, semoga imun dan iman kita kuat,” tuturnya.

Rizal cs berusaha mencari sisi positif dari adanya virus corona. Sebab jika mereka terus mengutuk keadaan, yang ada malah makin memperburuk.

“Kalau dari sisi negatif, psikisnya pasti drop. Adanya covid ini, ambil sisi positif,” kata Rizal Armada.

“Selama ini kumpul sama keluarga minim, sekarang ngerasanya sama Allah dikasih waktu berhenti sebentar,” imbuhnya.

(BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here