Publikasi Kinerja Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor Tahun 2023

0
193
Sekda Kabupaten Bogor Drs. H Burhanuddin M.SI

Bogor,BarisanBerita.com,- I.LINGKUP ASISTEN PEMERINTAHAN DAN KESEJAHTERAAN RAKYATLingkup Pengkoordinasian dan Hubungan Kerja meliputi : Inspektorat, Satuan Polisi Pamong Praja, Sekretariat DPRD, DPMD,DISDUKCAPIL, BANKESBANGPOL, DINSOS, DISDAMKAR, DINKES, DISPORA, DP3AP2KB, RSUD, BPBD, DPUPR aspek Penataan Ruang, DPKPP aspek Pertanahan, DISBUDPAR, Kecamatan, Kelurahan dan Instansi Vertikal sesuai tugas dan fungsi Asisten.

BAGIAN TATA PEMERINTAHAN.Kabupaten Bogor meraih Penghargaan Juara 3 dalam SPM AWARD 2023 Kategori Kabupaten Berkinerja Terbaik dalamPelaksanaan Penerapan Standar Pelayanan Minimal Tahun 2023.Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 kepada KPU danBAWASLU melalui Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Bersama dalam mensukseskan Pemilu dan Pilkada 2024 terkait fasilitas sarana prasarana Pemilu, dimana jumlah Pemilih aktif sebanyak 3.889.441 orang. Dan seterusnya

BAGIAN KERJASAMA DAERAH DAN BANTUAN HUKUM Kerjasama daerah telah dilaksanakan penandatanganannya s/d Bulan September 2023 :Penyuluhan Hukum Terpadu telah dilaksanakan di 13 Desa dari target 15 Desa, 5 Kecamatan yaitu Sukaraja, Megamendung,Cigombong, Caringan dan Cijeruk dan 1 kegiatan Kabupaten/Kota peduli HAM, Jumlah Kerjasama telah tersusun sebanyak 19dan Perjanjian telah tersusun 42 baik antar pemerintah ataupun dengan pihak ketiga.

BAGIAN PERUNDANG-UNDANGAN Produk Hukum berupa Peraturan Daerah yang telah diundangkan berjumlah 3 , Peraturan Bupati yang telah diundangkanberjumlah 37 dan Keputusan Bupati berjumlah 269 (dua ratus enam puluh sembilan).

BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT Fasilitasi pemberangkatan Jemaah haji berjumlah 3.850 jamaah terdiri dari 15 kloter dari Kabupaten Bogor dan pemulangan berjumlah 3.733 jamaah yang terdiri dari 13 kloter. Bis angkutan yang disediakan 88 unit baik keberangkatan maupunkepulangan dan 12 angkutan barang, dan seterusnya.

II. LINGKUP ASISTEN PEREKONOMIAN DAN PEMBANGUNAN Lingkup Pengkoordinasian dan Hubungan Kerja meliputi : DLH, DPMPTSP, DISHUB, DISBUDPAR aspek Pariwisata,DISTANHORBUN, DISKANAK, DISKOPUKM, DISDAGIN, DKP, DISNAKER, DPUPR aspek Pekerjaan Umum, DPKPPaspek Perumahan dan Kawasan Permukiman, BUMD, BLUD.

BAGIAN PEREKONOMIAN Sidak Pasar dalam rangka pemantauan harga dan stok barang kebutuhan pokok untuk Pengendalian Inflasi Daerah di Kabupaten Bogor, Kabupaten Bogor bukan merupakan daerah yang masuk kedalam penghitungan IHK di Jawa Barat. Terkait lajuperkembangan inflasi Kabupaten Bogor mengambil data dari sistercity daerah IHK yaitu Kota Bogor. Pada Agustus 2023 KotaBogor terjadi inflasi year on year (yoy) sebesar 4,03 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 117,87. Inflasi yoytertinggi terjadi pada kelompok pengeluaran Transportasi sebesar 11,05 persen dengan IHK sebesar 119,27 dan terendah padakelompok pengeluaran Informasi dan Komunikasi sebesar 0,42 persen dengan IHK sebesar 100,30. Jumlah ini lebih besar jikadibandingkan dengan inflasi nasional yang hanya di angka 3,27 persen. dan seterusnya.

BAGIAN SUMBER DAYA ALAM Penghargaan Satyalancana Wirakarya yang diberikan langsung oleh Menteri Pertanian RI atas dedikasinya terhadap program belabeli beras petani oleh ASN, dalam mendukung peningkatan produksi pertanian dan intensifikasi pertanian dan perikanan telahterbit rumusan kebijakan yang dihasilkan tahun 2023 adalah sebagai berikut: 1. Keputusan Bupati Bogor Nomor500/91/Kpts/Per-UU/2023 tentang Sasaran Produksi dan Intensifikasi Pertanian dan Perikanan Tahun 2023, dan seterusnya.

III. LINGKUP ASISTEN ADMINISTRASI UMUM LingkuppPengkoordinasian dan hubungan kerja meliputi : BAPPEDALITBANG, BKPSDM, BPKAD, DAP, DISKOMINFO daninstansi vertikal sesuai tugas dan fungsi Asisten.

BAGIAN ERENCANAAN DAN KEUANGAN Rapat Koordinasi Lingkup Sekretariat Daerah yang dilaksanakan rutin setiap satu bulan sekali dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah dihadiri Assisten Administrasi Umum, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, tujuan memberikan informasi  terukur kepada pemberi mandat.

BAGIAN UMUMBAGIAN ORGANISASI Penyampaian hasil penilaian kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2022 oleh Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya,- Indeks SAKIP Tahun 2022 Kabupaten Bogor 68,83 Predikat B, sedangkan Tahun 2023 belum ada karena masih dalamprogress perbaikan Evaluasi SAKIP.dan seterusnya.

BAGIAN PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PIMPINAN Pelantikan Bupati Bogor, Iwan Setiawan oleh Gubernur Jawa Barat pada tanggal 2 September 2023 di Gedung Pakuan Bandung.Salah satu kegiatan pelayanan kepada Kepala Daerah, Fasilitasi pelayanan pimpinan berupa fasilitasi keprotokolan, fasilitasipengkomunikasian dan fasilitasi pendokumentasian sampai Bulan September Oktober 2023 sebagai berikut :1. Fasilitasi keprotokolan : 516 kegiatan2. Fasilitasi komunikasian tugas pimpinan berupa Sambutan : 348 kegiatan3. fasilitasi komunikasian tugas pimpinan : -a. Dokumentasi : 317 kegiatanb. Notulen : 324 kegiatan

(Sumber Sekretariat Daerah Kab.Bogor/Adv/ris).

 



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here