Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Kab. Bogor

0
303

Pesona Komoditas Pertanian Bumi Tegar Beriman Menyemarakkan Bogor Fest 2023

TATANG MULYADI, SP, M.Si

Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor

Suasana peringatan Dirgahayu RI ke – 78 sekaligus Hari Jadi Bogor (HJB) ke – 541 dimeriahkan melalui gempita pesta rakyat di area Stadion Pakansari Cibinong bertajuk “Enjoy Bogor Fest 2023” pada tanggal 24-27 Agustus 2023. Acara Bogor Fest 2023 meninggalkan kesan positif dan antusiasme yang mendalam bagi masyarakat Kabupaten Bogor dan sekitarnya. Bogor Fest 2023 dibuka oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan. Seluruh rangkaian acara Bogor Fest 2023 telah sukses dilaksanakan berkat kolaborasi yang saling bersinergi antara seluruh perangkat daerah, kecamatan, para perusahaan pendukung acara, maupun pihak atau instansi/lembaga terkait lainnya.

Pembukaan Acara Bogor Fest 2023 oleh Gubernur Jawa Barat dan Plt. Bupati Bogor

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor turut berpartisipasi aktif mensukseskan acara Bogor Fest 2023, dengan mengusung tema “Coffee & Agro Fest”. Tema ini bertujuan memperkenalkan dan membuka peluang pasar kopi serta komoditas pertanian Bogor lainnya. Adapun rangkaian acara yang diselenggarakan di booth Distanhorbun yaitu pameran kopi, pameran agro atau komoditas pertanian, workshop kopi, cupping competition, manual brew competition, latte art competition, dan lomba fashion show anak bernuasa komoditas pertanian. Hal ini merupakan salah satu upaya Distanhorbun dalam memajukan sektor pertanian sekaligus menjadi ajang edukasi dan promosi komoditas pertanian Kabupaten Bogor dikalangan masyarakat karena pengunjung acara  ini berasal dari berbagai  daerah. Melalui acara pameran kopi dan agro, diharapkan adanya interaksi atau kerjasama yang efektif antara para petani dengan para investor maupun pelaku usaha pertanian guna menggerakan roda perekonomian Kabupaten Bogor.

Pameran Kopi dan Agro

Selain pameran kopi dan agro, Distanhorbun juga mengadakan workshop kopi yang bertujuan untuk menambah wawasan masyarakat mengenai perkembangan kopi. Saat ini, kopi menjadi trend dan perhatian masyarakat, minum kopi juga sudah menjadi gaya hidup terutama dikalangan kaum millennial. Pemerintah  Kabupaten  Bogor melalui  Distanhorbun telah membuktikan  dukungannya terhadap sektor pertanian khususnya komoditas  kopi yang mampu bersaing dari  segi kualitas maupun kuantitas. Plt. Kepala Distanhorbun mengajak masyarakat pencinta kopi untuk dapat merasa bangga menikmati kopi asli dan terbaik Bogor serta memotivasi para petani untuk meningkatkan produksi dan nilai tambah kopi. Dalam rangka meningkatkan produksi dan nilai tambah kopi, Distanhorbun memfasilitasi bantuan sarana dan prasarana serta bimbingan teknis terkait budidaya kopi bagi petani maupun penyuluh pertanian. Adapun beberapa daerah potensi penghasil kopi di Kabupaten Bogor meliputi Kecamatan Babakan Madang, Rumpin, Tanjungsari, Sukamakmur, Megamendung, Cisarua, dan Pamijahan dengan luas areal panen kopi pada tahun 2022 sebesar 6.199 ha dan produksi kopi mencapai 4.036 ton.

Workshop Kopi

Guna menambah keseruan acara dan menarik minat pengunjung, Distanhorbun juga menggelar  berbagai lomba yang telah terselenggara dengan sukses yaitu:

  1. Lomba Fashion Show Anak Bernuasa Komoditas Pertanian

  1. Latte Art Competition

  1. Cupping Competition

  1. Manual Brew Competition

Adapun bentuk partisipasi aktif Distanhorbun lainnya dalam rangkaian acara Bogor Fest 2023 yaitu mengikuti acara Helaran Budaya. Dengan mengusung pakaian adat Papua, Distanhorbun turut menyemarakkan acara Bogor Fest 2023.

Partisipasi Distanhorbun Dalam Acara Helaran Budaya

Keberhasilan seluruh pelaksanaan rangkaian acara Distanhorbun dalam mensukseskan acara Bogor Fest 2023 tidak terlepas dari arahan bimbingan Plt. Bupati Bogor dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor yang didukung semangat kerjasama dan dedikasi dari Plt. Kepala Distanhorbun Kabupaten Bogor yaitu Tatang Mulyadi, SP, M.Si beserta seluruh jajaran Distanhorbun yang berkomitmen terhadap Visi Misi Bupati Bogor “Mewujudkan Kabupaten Bogor yang Termaju, Nya man, dan Berkeadaban”.

Penutupan Coffee & Agro Fest 2023

(Adv Distanhorbun Kab. Bogor/ris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here