Komunitas Gaya Betawi Gelar Kopdar Pertama di Setu Babakan

0
95 views
Pengurus dan anggota gaya Betawi.

Jakarta, Barisanberita.com,- Betawi merupakan wajah kebudayaan di Jakarta.Hal itulah yang mendasari Gaya  Betawi (GB) terus bergiat menjaga dan melestarikan budaya Betawi, salah satunya melalui kegiatan Komunitas GB Pimpinan Baba Achil Bachtiar, menggelar Kopi Darat (KopDar) di Warung Rini Setu Babakan Jagakarsa Jakarta Selatan, Minggu, (3/11/2019).

Sebanyak puluhan anggota GB menghadiri acara yang bertajuk “Silaturahmi adalah jembatan kasih sayang”.

Pendiri GB Bang Cakra dalam sambutannya mengatakan, sebagai penduduk asli, orang Betawi sesungguhnya tidak antipatif terhadap perubahan. Orang Betawi memiliki sifat terbuka dan toleran terhadap keberadaan etnis lain di wilayahnya.

Ditempat yang sama, pimpinan GB Achil mengatakan, bahwasannya mengenai pelestarian budaya Betawi juga harus lebih maksimal. Apalagi, sudah ada Pergub Nomor 11 Tahun 2017 tentang 8 ikon kebudayaan Betawi, yaitu diantaranya ondel-ondel, kembang kelapa, ornamen gigi balang, baju sadariah, kebaya kerancang, batik Betawi, kerak telor, dan bir pletok. Betawi adalah citra yang menerangi Jakarta.

Ketua Umum Pesama Arya Braga menambahkan, orang Betawi punya kemampuan untuk menularkan nilai-nilai budayanya karena sifat toleransinya yang sangat tinggi dan kini menjadi lebih fleksibel ketika berinteraksi dengan orang-orang dari budaya yang berbeda.

Achil berharap dengan terjalinya silaturahmi ini semakin lebih mempererat tali persaudaraan kita dan saling menjaga kebudayaan Betawi.

(Ag)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here