Penanganan DBD, Jumantik Kel. Petogogan Dilengkapi Tool Kit

0
146 views
Nyamuk DBD.

Jakarta, Barisanberita.com,- Sejumlah 82 kader Jumantik di Kelurahan Petogogan, Jakarta Selatan dilengkapi peralatan (tool kit) dalam menjalankan tugasnya.

Peralatan tersebut terdiri dari papan jalan, senter, meteran, kaos, topi dan tas.

Demikian Lurah Petogogan Sarwanto, didampingi Kasie Kesra, Eti Juhariah, Rabu, (20/11/2019).

Terkait DBD, di Kelurahan Petogogan nol kasus alias tidak ada kasus sepanjang tahun ini.

“Jumlah kasus DBD di wilayah ini tidak ada karena maksimalnya peran Jumantik, dan juga datangnya banjir di musin hujan menyapu jentik-jentik nyamuk,” kata Sarwanto.

Sementara, Eti Juhariah menerangkan, pihaknya memberikan Jumantik kit atau tool kit tersebut untuk 82 orang, terdiri dari 76 kader jumantik, dan 6 kordinator.

Eti juga menjelaskan fungsi meteran di paket tool kit tersebut, adalah untuk mengukur jarak 100 meter lokasi positif terkena DBD,“Meteran dipakai untuk mengukur jarak 100 meter bagian kanan, kiri, depan dan belakang rumah positif DBD,” katanya.

Di sisi lain, terkait penanganan banjir di musim penghujan, Lurah Petogan, Sarwanto mengatakan pihaknya siap menanggulangi karena daerah tersebut menjadi langganan banjir setiap tahunnya.

“Dibantu intansi terkait penanganan banjir tidak mengalami kendala. Namun kami berharap Pemkot Jaksel bisa menyediakan lokasi penampungan pengungsi yang bersifat permanen karena selama ini menumpang tempat milik warga,” ungkapnya.

(wo/AP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here