Gejala Covid-19 Delta: Pilek Berat, Sakit Kepala, Sakit Tenggorokan, Hidung Meler

0
294 views
Warga India bersedih setelah kerabat mereka meninggal akibat covid-19 Delta

BarisanBerita.com,- Gejala varian virus corona Delta B.1.617.2 yang ‘cepat menular dan lebih mematikan” cukup berbeda dengan gejala Covid klasik.

Varian mutasi ganda dari India ini telah menyebar di banyak negara, termasuk Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI, Jumat lalu (18/06), virus ini telah menginfeksi 148 orang di enam provinsi di Indonesia – Jawa Tengah yang tertinggi.

Lantas apa gejalanya?

Berdasarkan studi Zoe Covid Symptom di Inggris, yang dilakukan Profesor Tim Spector, gejala tertular varian Delta terasa “lebih seperti pilek berat” dengan sakit kepala, sakit tenggorokan, dan hidung meler atau tersumbat.

Gejala Delta berbeda dengan gejala Covid klasik berupa batuk, demam dan kehilangan indra penciuman yang kini kurang umum terjadi – berdasarkan data yang diterima tim Zoe dari ribuan orang yang telah mencatat gejala mereka di sebuah aplikasi.

“Sejak awal Mei, kami telah melihat gejala teratas di pengguna aplikasi – dan mereka tidak sama seperti sebelumnya,” kata Tim.

Varian Delta yang pertama kali diidentifikasi di India sekarang telah menyumbang 90% dari kasus Covid di Inggris.

Gejala demam tetap cukup umum tetapi kehilangan penciuman tidak lagi muncul di 10 gejala teratas, kata Prof Spector.

Para peneliti menyebut pilek, sakit kepala, dan sakit tenggorokan, sekarang menjadi gejala yang paling sering dilaporkan terkait dengan infeksi Covid dan varian Delta di Inggris.

Studi Imperial College London React terhadap lebih dari satu juta orang di Inggris – ketika varian Alpha atau Inggris menyerang – menemukan berbagai gejala tambahan yang terkait dengan Covid.

Menggigil, kehilangan nafsu makan, sakit kepala hingga nyeri otot adalah gejala paling kuat terkait dengan terinfeksi, di samping gejala klasik. “Jika Anda khawatir dengan gejala Anda, carilah saran medis.”

Kemudian, bersin bukanlah gejala klasik virus corona, kecuali Anda juga mengalami itu dengan demam, batuk, atau kehilangan penciuman dan perasa.

Tetesan bersin dapat menyebarkan infeksi, jadi tangkap dengan tisu, taruh di tempat sampah, lalu cuci tangan Anda.

Untuk membantu menghentikan penyebaran virus corona dan penyakit lainnya:

  • Cuci tangan Anda secara teratur
  • Gunakan penutup wajah saat jarak sosial tidak memungkinkan
  • Cobalah untuk menjaga jarak dari mereka yang tidak ada di rumah Anda

(BBC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here