Home Politik PKS Mundur, Gibran Bakal Menang Telak?

PKS Mundur, Gibran Bakal Menang Telak?

0
1319
Gibran Rakabuming
Langkah PKS mundur pada Pilkada Kota Solo, bakal berimplikasi kemenangan telak untuk Gibran Rakabuming. Namun, apakah itu berarti langkah putra Jokowi itu bakal mulus?
Wakil Ketua Tim Pemenangan Pilkada 2020 DPP PKS Almuzammil Yusuf mengatakan partainya memutuskan untuk abstain dalam Pilkada Serentak Surakarta/Solo tahun 2020 dengan mendengarkan pertimbangan dari akar rumput partai.

“Ya, PKS abstain di Pilkada Solo,” kata Almuzammil kepada Antara di Jakarta, Sabtu, (29/8/2020).

Dia mengatakan PKS tidak punya calon yang akan diajukan dalam kontestasi di Pilkada Solo.

Menurut dia, keputusan abstain tersebut merupakan aspirasi dari akar rumput partai khususnya DPD PKS Solo yang mengetahui secara pasti karakteristik politik di wilayah tersebut.

“Itu (abstain di Pilkada Solo) merupakan aspirasi DPD PKS Solo. DPP PKS menghormati aspirasi mereka,” ujarnya.

Almuzammil yang merupakan anggota Komisi I DPR RI itu mengaku tidak khawatir kalau eksistensi PKS terganggu setelah memutuskan untuk abstain di Pilkada Solo 2020.

Menurut dia, dalam sebuah negara demokrasi dan negara hukum, semua partai dapat mengambil sikap masing-masing yang dianggapnya terbaik.

Sebelumnya, Almuzammil Yusuf mengatakan partainya menargetkan 60 persen kemenangan di 230 daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak 2020.

Hal itu dikatakannya dalam Rakornas Pilkada 2020 yang diikuti secara virtual seluruh calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung dan didukung PKS, Sabtu

“Berdasarkan hasil rapat koordinasi nasional, PKS siap meraih target kemenangan 60 persen dalam Pilkada serentak yang dilaksanakan di 270 kabupaten/kota dan provinsi,” kata Muzammil dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Muzammil mengatakan dari 270 daerah tersebut, PKS akan berpartisipasi di 230 Pilkada dengan 215 daerah PKS memiliki kursi dan 15 daerah tidak memiliki kursi di DPRD.

Dia menjelaskan dari 215 daerah itu, sebanyak 213 daerah PKS menyatakan siap berpartisipasi dan berjuang, sedangkan 2 daerah, partainya menyatakan abstain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here