Raja Thailand Berbaik Hati Kurangi Hukuman Mantan PM Thaksin

0
240
Mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra

BarisanBerita.com,- Nasib baik masih mendekati mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra karena raja berbaik hati mengampuninya.

Thaksin mendapat pengurangan hukuman penjara dari delapan tahun menjadi satu tahun oleh Raja Thailand pada Jumat (1/9/2023).

Itu terjadi hanya berselang sehari setelah miliarder berusia 74 tahun tersebut mengajukan permohonan pengampunan kerajaan atas tuduhan korupsi dan penyalahgunaan jabatan.

Thaksin, yang dua kali terpilih sebagai PM dan digulingkan dalam kudeta militer tahun 2006, dijebloskan ke penjara pekan lalu segera setelah kembali ke kerajaan untuk pertama kalinya sejak 2008.
Pengampunan hukuman penjara sebagian untuk Shinawatra dari Raja Maha Vajiralongkorn dikonfirmasi resmi oleh Royal Gazette.

Pengumuman tersebut menyinggung pengabdian Shinawatra kepada negara di masa lampau sebagai perdana menteri.

“Dia setia pada institusi monarki. Ketika diadili, dia menghormati sistem peradilan,” kata pernyataan itu, seraya menyebutkan bahwa Thaksin juga menderita banyak masalah kesehatan.

“Yang Mulia Raja telah memberinya amnesti dan mengurangi hukuman terhadap Thaksin Shinawatra, sang tahanan, menjadi satu tahun penjara, sehingga dia dapat menggunakan keahlian dan pengalamannya untuk membangun negara lebih jauh,” tambah pernyataan Kerajaan Thailand, dikutip dari AFP.

Kepulangannya pada Selasa (29/8/2023) pekan lalu bertepatan dengan kembalinya partai Pheu Thai ke pemerintahan yang beraliansi dengan partai-partai pro-militer, membuat banyak orang menyimpulkan bahwa sebuah kesepakatan telah dicapai untuk mengurangi masa hukumannya.

“Saya mengucapkan selamat kepada keluarga Thaksin atas berita ini,” kata Perdana Menteri Thailand baru Srettha Thavisin, dari Partai Pheu Thai.

“Keluarganya pasti bahagia. Kudengar dia menderita tekanan darah tinggi. Mereka pasti tenang,” tambahnya kepada wartawan Putri Thaksin, Paetongtarn, mengatakan keluarganya berterima kasih atas kemurahan hati Raja Thailand.

“Thaksin Shinawatra akan menggunakan keahlian, pengetahuan, dan keterampilannya untuk memberikan manfaat bagi negara, masyarakat, dan rakyat, serta akan mengabdi pada institusi monarki selamanya,” tulisnya di Instagram.

(Kmp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here