Akibat Tak Ada TPS, Sampah di Kel. Cilandak Barat Terpaksa Dibuang ke Ciputat

0
135 views
Kantor Lurah Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan

Jakarta, BarisanBerita.com,- Akibat tak adanya lahan TPS (tempat pembuangan sampah sementara), sampah yang terkumpul di kawasan Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, terpaksa dibuang ke wilayah lain yaitu di kawasan Pasar Jumat, Ciputat Tangerang.

Hal itu dikatakan staf Ekbang Kelurahan Cilandak Barat, Irwan Mulyana. “Petugas PPSU terpaksa membuang sampah ke wilayah Pasar Jumat, Tangerang,” katanya, Rabu, (13/9/2023).

TPS di kawasan Kecamatan Cilandak yang sebelumnya berada di kawasan Gunung Balong, kini ditutup permanen, dan sampai sekarang belum ada gantinya.

Pencarian lahan untuk TPS baru yang merupakan kewenangan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan, nampaknya masih belum terlaksana. Akibatnya TPS hingga kini belum tersedia.

Sumber berinisial FF mengatakan pembuangan sampah ke wilayah Tangerang itu tidak gratis alias harus bayar.

Di sisi lain, pembuangan sampah ke wilayah Tangerang yang jaraknya cukup jauh juga menjadi pertanyaan terkait penggunaan BBM dan usia kondisi KDO (kendaraan dinas operasional) gerobak motor. “Otomatis konsumsi BBM lebih mahal dan kondisi KDO jadi cepat rusak,” ujar FF.

Terkait tak adanya TPS tersebut, media berusaha mengonfirmasi Kasatpel LH Kecamatan Cilandak, tapi tak berada di tempat.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Selatan, M Amin, saat dikonfirmasi tentang anggaran pembelian lahan untuk TPS Kecamatan Cilandak, tak merespon hingga berita ini ditayangkan.

(Bowo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here