Anies Baswedan Diminta Tindak Keras Lurah Camat Lemah Cegah Covid-19

0
803
Warga gunakan masker

Masih tingginya jumlah warga Jakarta terjangkit covid-19, membuat geram anggota DPRD DKI Jakarta dari PDIP, Gilbert Simanjuntak.

Gilbert Simanjuntak meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menjatuhkan sanksi kepada pejabat yang ada di wilayah.

Sanksi dijatuhkan bila mereka terbukti lemah mengedukasi masyarakat ekonomi rendah terhadap pencegahan Covid-19 di ibu kota.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak mengatakan, pengerahan petugas lokal seperti lurah, camat dan wali kota sangat membantu.

Kinerja mereka diharapkan tidak kendur hingga akhir tahun atau tepatnya sampai vaksi Covid-19 ditemukan.

“Ketegasan untuk memberi sanksi kepada kepala daerah setempat (lurah, camat dan wali kota) akan membuat mereka bekerja sungguh-sungguh,” kata Gilbert berdasarkan keterangan yang diterima pada Selasa (7/7/2020), seperti dilansir Warta Kota.com.

Gilbert mengatakan, kelompok masyarakat menengah dan atas sudah mampu menjaga dirinya terhadap penularan Covid-19.

Contohnya, memakai masker, berjaga jarak, menghindari kerumunan dan rajin mencuci tangan.

Namun kesadaran seperti itu sulit diharapkan tumbuh spontan di kalangan masyarakat bawah karena harus dididik dalam jangka waktu lama. “Makanya, diperlukan aktif peran pejabat wilayah untuk mengedukasi,” ujar Gilbert yang juga menjabat sebagai anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta ini.

(BBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here