Untuk Antipasi Bencana, Kel. Kramat Pela akan Bentuk “Kampung Tangguh”

0
203 views
Lurah Kramat Pela, Achmad Syarief

Jakarta, BarisanBerita.com,- Untuk mengantisipasi bencana sekaligus membuat warga sadar pentingnya pengetahuan tentang kesiapsiagaan menghadapi bencana, Kelurahan Kramat Pela, Jakarta Selatan, akan membentuk Kampung Tangguh.

Lurah Kramat Pela, Achmad Syarief mengatakan, rencana pembentukan Rumah Tangguh sudah dikordinasikan dengan pihak Sudin Damkar, Sudin Sosial Jakarta Selatan dan RT RW. “Saya sudah berkordinasi dengan pihak terkait dan sedang mencari waktu yang tepat kapan pembentukan kegiatan tersebut,” katanya, Kamis (4/8/2022).

Syarief menjelaskan, Kampung Tangguh bertujuan mengajak warga untuk waspada lebih dini terhadap bencana, mulai dari bencana alam hingga kebakaran. “Dengan program ini, warga bisa melakukan tindakan awal mengatasi bencana sebelum pihak terkait datang membantu,” katanya.

“Tak hanya itu, dengan adanya Kampung Tangguh, warga diharapkan terbiasa dengan kondisi bencana yang datang tiba-tiba,” ujar Syarief. “Nanti warga akan diberi pelatihan tentang cara penanggulangan hingga evakuasi.”

Sementara, disinggung soal penanganan Demam Berdarah Dengue (DBD), Lurah Kramat Pela ini mengatakan, monitoring dan tindakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) terus dilakukan di wilayahnya. “Sejauh ini dengan PSN, penyebaran DBD dapat dikurangi dan juga kegiatan tersebut terus menyadarkan masyarakat untuk waspada dan peduli pada kebersihan lingkungan.”

“Sejak Januari hingga Agustus 2022 hanya satu kasus positif DBD, dan itu pun terjangkit di luar wilayah kami,” tandas Syarief.

(Bobby/wo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here