Menengok Kesiapan Penjaga Pompa Air Pengendali Banjir Ibukota

0
542 views
Rumah Pompa Poncol, menjaga Jakarta di musim hujan

Jakarta, Barisanberita.com,- Berlokasi di Kawasan Kelurahan Gandaria Selatan, Jakarta Selatan, dua pria penjaga pompa air, tepatnya di “Rumah Pompa Poncol”, terlihat tenang dan siaga menjaga salah satu pos pengendali arus air yang masuk ke Jakarta.

Asep dan Mulyadi menjaga arus air di Rumah Pompa Poncol

Asep dan Mulyadi saat diwawancara, Rabu, (28/8/2019), sedang menjalankan aktifitasnya di rumah pompa tersebut.

“Penjagaan pos pompa air ini 24 jam, pak. 5 orang bertugas di pos pompa ini secara bergiliran,” kata Asep didampingi Mulyadi.

Penugasan dilakukan dalam beberapa shift, dan kondisi mereka harus selalu siap siaga.

“Tugas kami terasa lebih berat di saat musim hujan datang. Saat itu kami benar-benar harus waspada dan terus berkordinasi dengan kordinator lapangan,” ujar Asep.

Untuk pengendalian air, tambah Asep, saat ini pos pompa menggunakan tenaga listrik, namun juga disediakan mesin genset sebagai cadangan jika listrik padam. “Kami mengandalkan tenaga listrik, dan mesin genset sebagai cadangan saja,” terangnya. “Kondisi mesin genset masih prima karena setiap tahun diperiksa dan dipelihara.”

Selain itu, Asep mengaku dia dan temannya juga selalu mendapat bimbingan teknis soal pengelolaan pos pompa air. “Setiap tahun kami mendapat bimbingan teknis soal penggunaan  dan pengendalian mesin pompa air,” tandasnya.

Seperti diketahui, kondisi cuaca saat ini masih tak menentu, namun cenderung mulai ke musim hujan. Maka kondisi mesin pompa air yang prima, dan kesiapan petugas menjadi kunci utama pengendalian banjir di ibukota.

(Bowo/AP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here