Putin Bakal Latihan Nuklir, Barat Was Was

0
134 views
Presiden Rusia Vladimir Putin

Jakarta, BarisanBerita.com,- Presiden Rusia, Vladimir Putin, disebut bakal menggelar nuklir dalam beberapa hari ke depan. Sejumlah pihak termasuk negara-negara Barat ketar-ketir akan hal itu di tengah ancaman Moskow soal nuklir ke Kyiv.

Rusia disebut kerap melakukan latihan nuklir rutin di akhir tahun. Beberapa pengamat Amerika Serikat, dan negara Barat lain memperkirakan latihan itu akan berlangsung dalam waktu dekat.

Latihan itu membuat banyak pihak khawatir di tengah ancaman Putin yang siap menggunakan senjata nuklir untuk menyerang dan mempertahan wilayah yang dicaplok dari Ukraina.

Beberapa pejabat Barat khawatir Moskow bisa saja sengaja merealisasikan niatnya.

“Inilah mengapa Anda [Putin] tidak ingin memiliki retorika yang terlalu panas pada saat yang sama Anda akan melakukan latihan nuklir,” kata seorang pejabat Barat kepada Reuters, Jumat (14/10).

Ia kemudian berujar, “Karena dengan begitu kita punya tantangan tambahan untuk benar-benar memastikan bahwa tindakan yang kita lihat, hal-hal yang terjadi, sebenarnya adalah latihan dan bukan sesuatu yang lain.”

Rusia terakhir menggunakan kekuatan nuklir pada Februari, tak lama sebelum invasi ke Ukraina.

Pengamat Barat menilai tindakan ketika itu sebagai sebuah langkah untuk mencegah Barat mendukung Kyiv.

“[Latihan itu untuk menguji] kemampuan Kremlin memberi kendali atas pasukan, dan untuk mengeluarkan arahan, dan pasukan itu sendiri untuk menanggapi instruksi itu,” kata pengamat Barat.

Pejabat itu mengantisipasi bahwa Rusia akan mempublikasikan aspek-aspek latihan tersebut. Dengan demikian, mereka bisa menggunakan rilis itu untuk mengusir ancaman Moskow.

(CNN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here